Kerajinan Tangan Karya Siswa SD Di Cianjur

0 173

Kerajinan Tangan Karya Siswa SD Di Cianjur

Tingkat kreatifitas siswa dapat digali dengan berbagai metode dan cara yang mudah dipahami. Untuk usia pelajar sekolah dasar, harus sesuai dengan minat siswa serta alat dan bahan yang mudah dijangkau. Seperti dari barang bekas, limbah plastik hingga steirofoam. Semua itu bisa diubahjadi nilai karya seni.

Upaya itu dilakukan siswa kelas VI A SDN Rancajaya, yang dibimbing tenaga pendidik untuk membuat berbagai kreasi seni yang berdaya guna, serta berbahan plastik bekas bungkus minuman kopi.

Guru pembimbing kriya kerajinan tangan Lilis Lisnawati dibantu rekan seprofesinya Lienlien Restu menjelaskan, siswa sebenarnya memiliki tingkat kreatifitas yang tinggi dan tak terbatas ide serta imajinasinya. “Itu terbukti ketika mereka diarahkan untuk membuat kerajinan karya seni berbahan plastik bekas bungkus minuman seduh,” ujarnya.

Ditambahkannya, dari sekian banyak siswa yang dibagi berbagai kelompok ternyata mereka mampu membuahkan karya seni yang memiliki nilai diatas rata-rata, mulai dari membuat anyaman tikar, tas pundak hingga tempat tisyu dan dompet perempuan.

“Siswa diberikan kebebasan serta dibiarkan berkreasi sendiri, membuat kerajinan karya seni menurut minatnya masing-masing, guru hanya bertugas mengarahkan dan menerapkan metode dan cara melipatnya saja, sebab siswa memiliki imajinasi luas dan kreatif tergantung tenaga pendidik yang membimbingnya, serta menanamkan pengendalian buang sampah di sembarang tempat, diharapkan menjadi tuntunan ketika mereka beranjak dewasa,” ujarnya.

Source https://cianjur.pojoksatu.id https://cianjur.pojoksatu.id/baca/kreatif-sdn-rancajaya-cianjur-ubah-sampah-jadi-kreasi-seni
Comments
Loading...