Kerajinan Tangan Karya Wanita Dayak Di Kalimantan Timur

0 65

Kerajinan Tangan Karya Wanita Dayak Di Kalimantan Timur

Negeri kita ini kaya sumber daya alam dan sumber daya kultural. Sumber dayaalam sudah sering dikuras oleh berbagai pihak terutama pemerintah daerah untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Pertanyaannya, bagaimana dengankekayaan kultural di setiap daerah? Apakah tidak dieksplorasi, dimotivasi dandikembangkan sehingga sungguh-sungguh menjadi sumber PAD sekaligus melestarikan kebudayaan daerah kita masing-masing?

Tidak sedikit usaha yang telah dilakukan oleh kaum ibu atau kaum wanita yangmenghasilkan berbagai kreasi produk budaya terutama dalam hal fashion. Yangdiperlukan mereka hanyalah niat baik dan komitment dari para pihak untuk mendukungnya misalnya dalam hal mencarikan jaringan pemasaran.Salah satu kerajinan tangan dari para wanita Dayak yang menghuni wilayahperhuluan Sungai Kapuas, Kalimantan Barat ini perlu didukung, dipromosikanagar apa yang mereka hasilkan sungguh-sungguh diapresiasi dengan baik

Untuk kaum wanita yang suka memakai perhiasan, saya rasa tidak perlu harusyang mahal dan terbuat dari emas, intan, atau permata. Kaum wanita di HuluKapuas ini telah menyediakan aneka asesoris dari manik dan biji-bijian kayu hutan yang sudah dikeringkan. Modelnya tidak kalah dengan model-modelasesoris yang sering kita jumpai di etalase mol atau pertokoan
Bagi kaum pria karier atau pejabat, saya rasa mulailah berpikir untuk menggunakan dasi yang dibuat dari manik oleh kaum ibu ini, meskipun pilihanwarna yang telah tersedia tidak memenuhi selera anda. Tetapi semuanya bisamereka buat sesuai dengan pesanan anda.Berbagai Model Dasi dari Rajutan Manik (dok.pribadi)Bagi kaum kaum wanita, remaja, dan maupun yang sudah paruh baya, tas-tasbernuansa kultural ini tidak kalah menariknya dengan tas-tas buatan pabrik yangmungkin sedang anda pakai.
Untuk kaum ibu rumah tangga tentu anda ingin menjamu tamu di rumah andadengan pelayanan terbaik. Karena itu, segala perlengkapan yang digunakanterutama dalam makan bersama pastilah yang terbaik. Kotak tisue buatan kaumanda ini sangat modis dan eksotis karena dibuat dari kayu dan dilapisi rajutanmanik bermotif khas Dayak.
Source https://www.scribd.com https://www.scribd.com/doc/104973858/Kerajinan-Tangan-Kaum-Wanita-Kalimantan-Timur
Comments
Loading...