Kerajinan Tangan Karya Warga Lapas Di Cebongan

0 133
Kerajinan Tangan Karya Warga Lapas Di Cebongan

Agenda kunjungan keluarga dalam rangka merayakan Idul Fitri di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) II B Cebongan dimanfaatkan warga binaannya untuk memarken hasil kerajinan tangan. Berbagai bentuk kerajinan tangan berbahan dasar kayu tersaji di lapangan tengah tak jauh dari tenda tempat warga binaan melepas rindu dengan keluarganya.

Belasan karya kerajinan dari kayu dipamerkan berjejer mulai dari mangkok, piring, topeng, miniatur kapal layar hingga meja kursi.

Semua itu adalah buah tangan kreatif warga binaan lapas cebongan yang memang sudah dibekali dengan pelatihan. Para warga binaan mendapat pelatihan dari praktisi yang sengaja didatangkan oleh pihak lapas untuk memberikan mereka ilmu. Selain itu, ternyata salah satu warga binaan juga dulunya merupakan perajin kayu.

Sujari  warga Sleman yang merupakan warga binaan lapas cebongan dulunya adalah perajin kayu.

Dari tangannya, ia bekerja membuat furnitur dari kayu serta kerajinan tangan lainnya. Ilmu yang dimilikinya lantas ia tularkan ke teman-temannya sesama penghuni lapas.

“Senang bisa berbagi ilmu ke teman-teman lainya. Nanti kalau keluar (dari penjara) teman-teman bisa mengembangkannya sendiri,” ujar Sujari.

Barang-barang yang mereka jajakan harganya berkisar antara Rp 5 ribu hingga Rp 200 ribu. Seperti gantungan dinding berbentuk topeng berukuran kecil dijualnya seharga Rp 5 ribu, selain itu ada mangkok kayu dengan gambar batik dijualnya seharga Rp 80 ribu.

Selama ini hasil karya mereka memang masih belum dijual secara bebas di luar lapas. Mereka dengan telaten menawarkan hasil karya mereka ke pengunjung lapas narkotika. Uang hasil penjualan diputar kembali untuk membeli bahan baku limbah kayu.

Source http://jogja.tribunnews.com http://jogja.tribunnews.com/2015/07/22/warga-binaan-lapas-cebongan-kembangkan-keahlian-kerajinan-tangan
Comments
Loading...