Kerajinan Tangan Karya Warga Lapas Di Cipinang

0 106

Kerajinan Tangan Karya Warga Lapas Di Cipinang

Dharmawan merupakan salah satu warga binaan yang tersangkut kasus korupsi menyatakan berupaya membuat suatu karya yang bermanfaat. “Saya di sini sebagai penggagas saja, semua dilakukan bersama-sama. Ide awalnya meski sedang dihukum kami harus bisa berkarya,” ujar Dharmawan di Rutan Cipinang, Jakarta Timur.

Dia melihat di balik hasil karya kerajinan tangan warga binaan memiliki nilai history yang dapat dijual. Ia pun membuka jaringan hingga ke salah satu perusahaan asing.

“Kebetulan saja kenal, ternyata tawaran itu mendapat sambutan baik dengan menghibahkan peralatan untuk membuat, setidaknya ada 78 kerajinan yang sudah dipesan perusahaan itu untuk dibawa ke Amerika,” tuturnya.

Dalam membuat karya ini, Dharmawan tidak sendiri. Bersama dengan kelima rekannya, setiap karya yang dibuat oleh warga binaan telah didaftarkan ke hak cipta.

“Masing-masing item memiliki barcode, dan itu hanya ada satu-satu dunia. Selain bentuk yang apik, setiap kerajinan kami buat memilik nilai historis,” ungkapnya.

Source https://news.detik.com https://news.detik.com/berita/2542363/kerajinan-tangan-napi-rutan-cipinang-tembus-pasar-amerika-serikat
Comments
Loading...