Kerajinan Tangan Karya Warga Lapas Di Tanjung

0 131

Kerajinan Tangan Karya Warga Lapas Di Tanjung

Meski berada Lembaga Pemasyarakatan Klas Tiga Tanjung, warga binaan mampu memproduksi berbagai aneka kerajinan tangan, seperti miniatur Monumen Tanjung puri, yang sering digunakan sebagai cinderamata.

Dibalik statusnya sebagai narapidana, ternyata warga binaan Lapas Tanjung di Maburai kecamatan Murung Pudak memiliki bakat terpendam dalam pembuatan miniatur berbahan kayu. keuletan tangan dingin mereka, tidak hanya membuat satu jenis miniatur saja,  namun bentuk-bentuk unik pun bisa mereka olah sebagai penghias rumah, diantaranya kapal pesiar dan monumen Tanjung Puri yang merupakan landmark Kabupaten Tabalong.

Warga binaan diberi keluasaan mengerjakan kerajinan tangan setiap hari,  selama dua jam,  dari jam sembilan sampai jam sebelas pagi. Satu kerajinan, bisa dikerjakan dalam tempo tiga hari, namun, mereka hanya membuat kerajinan tangan jika ada pesanan dari luar.

Kerajinan tangan yang dihasilkan tiga orang warga binaan itu, merupakan bagian dari pembinaan Lapas Klas tiga Tanjung, dari warga binaan  sebelumnya,  yang  sekarang sudah bebas.  Pihak Lapas Tanjung sangat berharap kerajinan tangan ini bisa memberikan hal positif selama menjalani tahanan,  selain sebagai bekal keterampilan, ketika  keluar dari Lembaga Pemasyarakatan.

Para warga binaan sangat antusias melakoninya, selain sebagai bagian dari mengisi waktu  luang selama menjalani masa tahanan, dapat  juga sebagai penambah penghasilan.

Tidak kalah dengan pengrajin profesional, hasil kerajinan yang mereka buat sangat rapi,  satu hasil miniatur  dapat  dijual dengan harga 300 ribu sampai 350 ribu rupiah.

Source http://tvtabalong.com http://tvtabalong.com/ternyata-warga-binaan-lapas-tanjung-punya-bakat-terpendam/
Comments
Loading...