Kerajinan Tangan Khas Seruyan Butuh Inovasi

0 345

Kerajinan Tangan Khas Seruyan Butuh Inovasi

Istri Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Seruyan sekaligus menjabat sebagai Ketua TP-PKK Kabupaten Seruyan, Natalin Florentin Leonard S Ampung berusaha mengembangkan potensi daerah, khususnya kerajinan tangan.

Menurutnya, potensi berupa kerajinan daerah cukup banyak sekali, sehingga perlu untuk terus dikembangkan agar dapat mengangkat Kabupaten Seruyan.

Disamping itu juga akan dapat menambah pendapatan dan meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat selaku pengrajin, apabila hasil kerajinan tersebut dilirik pasar.

Dirinya melihat beberapa contoh kerajinan seperti batik khas daerah Seruyan, kemudian kerajinan tangan, anyaman – anyaman dan lainnya, memang perlu untuk diangkat dan dikembangkan.

Namun berdasarkan informasi, ada beberapa kendala yang dihadapi saat ini, seperti kondisi geografis dan lokasinya yang sangat jauh dijangkau. Padahal, di pedalaman Seruyan ada beberapa tempat, menghasilkan kerajinan yang sangat bagus.

“Kita berharap infrastruktur bisa menunjang, sehingga potensi daerah bisa dikembangkan lagi. Dan juga kendala peralatan, yang mana katanya baru tahun ini bisa datang alatnya, karena baru diajukan,” terangnya.

Natalin juga menilai hasil kerajinan yang ada sudah cukup bagus dan baik, namun hal ini perlu dikembangkan lagi agar lebih baik dengan dilakukan studi banding ke daerah-daerah yang lebih maju hasil kerajinan seperti Yogyakarta.

“Memang kerajinan di sini (Seruyan) sudah baik, oleh-oleh makanannya juga enak, tinggal bagaimana kemasan yang perlu diberikan sentuhan agar dapat bersaing dengan daerah lain. Kalau rasanya sudah enak, dan ditambah lagi dengan kemesan yang menarik, maka ini akan menambah daya tarik tersendiri bagi orang yang melihatnya,” imbuhnya.

Natalin  tertarik dengan hasil kerajinan berupa kipas, motif batiknya memuat ciri khas daerah Seruyan. Dan bisa menjadi oleh-oleh kerajinan khas Seruyan.

TP PKK Seruyan sudah menghubungi pengrajin luar daerah untuk bisa membantu dengan memberikan pelatihan kepada perajin Seruyan, sehingga bisa belajar dan berlatih bagaimana mengolah atau membuat desain-desain yang lebih menarik. “Kita ingin agar pengrajin bisa mengemas dan membuat hasil kerajinan lebih menarik, sehingga membuat orang lebih tertarik untuk membelinya,” ucapnya.

Source http://sampit.prokal.co http://sampit.prokal.co/read/news/15466-kerajinan-seruyan-butuh-kemasan-menarik.html
Comments
Loading...