Kerajinan Tas Anyaman Khas Di Ponorogo

0 135

Kerajinan Tas Anyaman Khas Di Ponorogo

Siapa sangka, industri rumahan tas anyaman plastikbisa menembus pasar ekspor.Kerajinan anyaman asal Ponorogo ini, mayoritas dikerjakan ibu-ibu paruh baya, yang berada di mayoritas masyarakat pedesaan di Kabupaten Ponorogo sudah sejak lama, anyaman tasberbahan plastik tidak hanya dipasarkan dalam negeri tetapi sudah menembus ekspor.

Murtini, salah satu pengusaha kerajinan tas anyaman plastik mengatakan, kebutuhan ekspor tas ini cukup besar dengan omzet ratusan juta rupiah perbulan. Harga jual tiap unit untuk pasar lokal berkisar Rp 10.000 sampai Rp 75.000. Sedangkan untuk pasar ekspor, menembus Rp 14.000 sampai Rp 180.000.

“Ekspor tas biasanya ke Amerika Serikat, Jepang, Malaysia, dan Korea. Permintaannya lumayan tinggi, terlebih Jepang,” ujar Murtini.

Namun, kendala yang dihadapi saat ini adalah bahan dasar plastik. Stok yang tersedia kurang memenuhi, apabila pesanan meningkat. Meskipun demikian, dalam satu bulan, ia mampu memroduksi 15.000 sampai 20.000 tas plastik. “Sangat disayangkan sebenarnya, jika kerajinan ini tersendat gara-gara bahan bakunya,” imbuhnya.

Tidak hanya bahan baku yang menjadi kendala. Pengusaha muda ini juga kesulitan mendapatkan tenaga kerja. Kesulitan tenaga kerja biasanya terjadi saat musim panen tiba. “Biasanya kalau musim panen tiba, pekerja lebih memilih bekerja di sawah. Pada hari biasa, sekitar 15 sampai 20 orang bekerja sebagai penganyam,” jelasnya.

Usaha ini sudah berjalan 15 tahun. Ide bisnis tas anyaman muncul ketika Murtini menjadi korban pemutusan hubungan kerja (PHK) perusahaan tas anyaman di Jakarta. Awalnya, pengembangan bisnis ini terkendala modal. Ia berulang kali mengajukan bantuan kredit dan modal dari dinas terkait, namun tidak pernah ada realisasi.

Berbekal kegigihan, ia terus berkarya dan mengikuti berbagai pameran. Ke depannya, usaha tas anyaman ini masih memiliki prospek menjanjikan. Oleh karena itu, pihaknya harus melatih warga sekitar agar memiliki kemampuan membuat tas anyaman

Source http://ponorogoukmcenter.blogspot.com/2015/10/kerajinan-tas-anyaman-khas-ponorogo.html http://ponorogoukmcenter.blogspot.com/2015/10/kerajinan-tas-anyaman-khas-ponorogo.html
Comments
Loading...