Kerajinan Tas Bahan Kertas Semen Di Surabaya

0 276

Kerajinan Tas Bahan Kertas Semen Di Surabaya

Siapa bilang limbah dan barang bekas hanya menjadi sampah dan tidak berguna. Di tangan kreatif, limbah dan barang bekas bisa menjadi karya bernilai ekonomis tinggi. Contohnya seperti tas yang terbuat dari daur ulang sak semen. Dibuat dengan model tas tangan keinian, dipadukan dengan kulit sintetis pada strap-nya, dan warna netral dipilih untuk membuat tas mudah dipadupadankan.

Siapa sangka jika tas tersebut merupakan hasil daur ulang dari kertas bekas sak semen. Tampilannya justru seperti tas kulit binatang. “Jadi jangan memandang remeh sampah dan barang bekas, kalau sudah diolah hasilnya bisa luar biasa,” terang Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Bunga Kering dan Buatan Indonesia (Aspringta), Kota Surabaya, Jawa TimurEsti Purnomo disela-sela pameran di City of Tomorrow (Cito).

Bukan hanya sak semen, tetapi barang-barang lain, bahkan bunga kering dapat dijadikan berbagai macam karya unik, seperti pakaian, tempat tisu dan media lukisan yang indah. Sedangkan barang bekas yang bisa didaur ulang menjadi kerajinan seperti karung goni, kertas semen, bunga kering, tulang daun dan beberapa bahan yang lain. 

“Selain menjadikan sampah atau barang bekas kerajinan yang bernilai ekonomi, juga mengurangi pembuangan sampah ke TPA,” imbuhnya. 

Salah satu perajin, Ani Susilowati mengungkapkan, dirinya berkreasi membuat tas yang indah dari sak semen. Sak semen disulap menjadi kebaya wanita yang indah. “Tas ini sudah bisa dipakai, dan sangat bagus untuk ke berbagai acara,” ujarnya.

Source Kerajinan Tas Bahan Kertas Semen Di Surabaya Kerajinan Tas Bahan Kertas Semen Di Surabaya
Comments
Loading...