Kerajinan Tas Bahan Kulit Kayu Di Yogyakarta

0 650

Kerajinan Tas Bahan Kulit Kayu Di Yogyakarta

Kulit kayu banyak dianggap barang tak berguna. Namun, sebenarnya kulit kayu bisa disulap menjadi kerajinan tas yang menarik. Di tangan Ananto di Yogyakarta, kulit kayu bisa memberikan omzet Rp 10 juta per bulan.

Kerajinan kulit kayu telah merambah seluruh Indonesia. Adalah Ananto Nugroho salah seorang perajin di Yogyakarta yang mengubah limbah kulit kayu menjadi berbagai macam tas menarik.

Ananto, melalui bendara usahanya Yarra Craft di Citra Rejodani C-5, JL. Palagan Tentara Pelajar km 11, 55781, Sariharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, membuat dan menjual tas-tas yang terbuat dari kulit kayu ke seluruh Indonesia. “Pasar terbesarnya tetap Bali dan Jakarta,” katanya. Dia bukan menjual satuan melainkan grosiran dalam jumlah besar.

Tas kulit kayu Ananto sepertinya hanya tenar di luar daerah, sebab di daerah Yogyakarta tasnya kurang peminat. Menurutnya, penyebabnya adalah harga tas kayu tergolong mahal bagi masyarakat Yogya.

Dia menjual tas kulit kayu dengan harga Rp 60.000- Rp 75.000. Dengan harga sebesar itu, Ananto bisa meraih omzet Rp 10 juta per bulan.

Selain dari bahan kulit kayu, tas-tas tersebut juga dilapisi serat algel, vinyl atau kulit di dalam tas dan dipegangangnya. Bahan-bahan tambahan itu membuat tas dari kulit kayu lebih kuat. “Kalau 100% tidak akan kuat,” katanya. Untuk menjaga tekstur kayu yang unik dan alami, Ananto tidak melakukan pewarnaan.

Walau tidak diwarnai, namun Ananto berani menjamin bahwa produknya tahan jamur. Pelapisan bahan khusus membuat tasnya tahan jamur dan rayap. Bahan baku kulit kayu didatangkan dari Kalimantan. Sulitnya mencari bahan baku kulit kayu membuat bisnis kerajinannya terkendala.

Source Kerajinan tas Bahan Kulit Kayu Di Yogyakarta Kerajinan tas Bahan Kulit Kayu Di Yogyakarta
Comments
Loading...