Kerajinan Tas Cantik dari Kulit Ikan Pati Di Yogyakarta

0 183

Kerajinan Tas Cantik dari Kulit Ikan Pati Di Yogyakarta

Kerajinan tangan berupa tas dan dompet dari bahan kain dan kayu memang sering kita jumpai di pasaran. Kulit ikan pari yang sebenarnya merupakan limbah ini dapat disulap dengan baik di tangan wirausahawan Roso Sriwidodo.

Usaha yang sudah digeluti Roso sejak awal tahun 2016 ini mendapat respon bagus dari masyarakat dan peminat kerajinan dari kulit ikan pari ini tidak kalah banyak. Bahan baku yang digunakan berupa kulit ikan pari dari berbagai jenis, antara lain pari cingir, mondol, duri halus, gunung, duri, dan duren. Roso bercerita tentang ide awal usahanya tersebut yaitu sejak 16 tahun yang lalu ia mendapat hadiah sebuah dompet yang terbuat dari kulit ikan pari.

“Dan awet, masih bisa dipakai sampai sekarang, makanya tertarik bikin usaha,” ujar Roso.

Untuk harga, Roso membandrol dari Rp125.000 untuk sebuah gantungan kunci sampai dengan Rp2.500.000 untuk tas. Roso juga mengungkapkan perbedaan kulit ikan pari dari kulit yang lain adalah teksturnya lebih bagus, kuat, antigores, unik, awet bertahun-tahun masih bisa dijaga.

“Dirawatnya dengan dicuci atau disemprot dengan bahan kimia tertentu saja,” tambah Roso. Selain dipasarkan secara online, Roso juga membuka offstore di rumahnya yaitu daerah Joyonegaran II/800 Yogyakarta. 

Source http://jogja.tribunnews.com http://jogja.tribunnews.com/2016/10/20/roso-sulap-limbah-kulit-ikan-pati-jadi-tas-cantik-bernilai-jutaan-rupiah
Comments
Loading...