Kerajinan Tas Cantik Dari Pelepah Pisang Temanggung

0 898

Kerajinan dari pelepah pisang mungkin masih asing di telinga kita. Memang bagi sebagian orang pelepah pisang dianggap hanya sebagai sampah kering yang tidak berguna. Namun kini di tangan orang-orang kreatif pelepah pisang menjadi sebuah kerajinan tangan yang unik dan bernilai ekonomi tinggi.

Saat ini banyak sekali benda-benda unik yang dibuat dari bahan dasar pelepah pisang kering. Cara membuat kerajinan tangan dari bahan ini tidaklah terlalu sulit, kamu cukup membuat desain awal benda yang ingin dibuat. Setelah itu tentu saja siapkan peralatan serta bahan yang dibutuhkan sebagai pelengkap bahan utama yaitu pelepah pisang kering. Produk ini telah mempunyai pasar ekspor melalui pedagang-pedagang. Kapasitasnya cukup besar dan dapat memenuhi pesanan dengan tepat waktu. Tempat produksi berada di wilayah Kecamatan Kedu, Bulu, Ngdirejo, Bansari, Kandangan dan Jumo, Kabupaten Temanggung. Pelepah pisang dapat di anyam dengan beraneka ragam bentuk.

Kerajinan Tas Dari Pelepah Pisang

 

Ternyata pelepah pisang kering juga bisa dibuat tas cantik. Untuk membuat tas ini caranya sediakan pelepah pisang, benang kasur, cat pernis, pisau, warna finishing. Langkah awal untuk membuatnya dengan cara pohon pisang dibuat menjadi bilah-bilah kemudia keringkan selama 10 hari agar kandungan air pada pohon pisang hilang.

Kemudia buatlah rajutan dengan menggunakan bahan bilah pohon pisang yang sudah dikkeringkan. Agar tas kuat kamu bisa mengelem serat pelepah pisang kemudian diikat dengan benang kasur. Langkah terakhir adalah mempercantik tampilan tas dengan memberikan warna sesuai dengan selera.

Source Kerajinan Tas Cantik Dari Pelepah Pisang Kerajinan Tas Cantik Dari Pelepah Pisang
Comments
Loading...