Kerajinan Tas Custom Karya Mahasiswa Unesa Di Surabaya

0 163

Kerajinan Tas Custom Karya Mahasiswa Unesa Di Surabaya

Lima Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNESA di Jl. Raya Kampus Unesa, Lidah Wetan, Lakarsantri, Kota Surabaya, Jawa Timur telah berhasil mengolah limbah industrI mebel (oscar) menjadi sebuah karya, yakni tas dengan sentuhan motif yang dapat diganti-ganti sesuai dengan selera pengguna dengan cara bongkar pasang. Sisi keunikan tersebut mampu memberi nilai tambah tas limbah sehingga menjadi barang yang memiliki nilai.

Karya tersebut merupakan bagian dari PKM kewirausahaan yang telah lolos didanai proposalnya oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan.

Lima mahasiswa tersebut adalah Heny Purwaningtyas (Manajemen 2015), Fenti Fitria Asvifah (Pendidikan Akuntansi 2015), Hesti Indah Rosani (Pendidikan Akuntansi 2015), Rindra Aisyah Putri (Pendidikan Akuntansi 2015) dan Aisyah Sakawuning Dyah Pratiwi (Pend. Tata Busana 2016) dibawah bimbingan oleh Dr. Sri Setyo Iriani, S.E., M.Si.

Melalui kerja sama dengan mitra penjahit di Tanggulangin serta mitra industri mebel di Pasuruan, produk yang dinamai tas ASBAA ini berhasil mendapatkan apresiasi yang baik dari masyarakat, serta dalam proses pemasaran yang menggunakan online shope yakni di Instagram @tasasbaa, melalui oficial account Line dan WA sehingga mampu menjangkau ke berbagai daerah di Indonesia.

“Limbah industri mebel kulit oscar di Pasuruan belum banyak dimanfaatkan dengan baik, paling hanya dijadikan untuk menambal bagian dalam sofa ataupun perabit lainnya, karenanya kami berusaha meningkatkan nilai dan manfaat tambahan dengan dijadikan sebagai tas bongkar pasang yang memiliki jilai keunikan,” jelas Heny.

Tas ASBAA sendiri untuk saat ini terdiri dari tiga model tas yaitu ransel, totebag, dan sling bag yang terdiri dari satu paket yaitu tas berbahan kuli sintetik dan kantong/ pouch berbahan kain kanvas. Untuk harganya adalah Tas ASBAA kisaran 40 ribu sampai 75 ribu per unit.

“Kami berharap mampu penjualan yang selalu meningkat penjualan hingga produk ASBAA ini dikenal banyak orang. Selain itu juga bisa memberi nilai lebih pada limbah industri mebel (oscar) yang belum dimanfaatkan secara maksimal”. Pungkas Heny.

Source https://www.unesa.ac.id https://www.unesa.ac.id/mahasiswa-fe-sulap-limbah-jadi-tas-custom
Comments
Loading...