Kerajinan Tas Dan Selop Glamor Di Bandung

0 348

Kerajinan Tas Dan Selop Glamor Di Bandung

Tampil gaya ke sebuah perhelatan pesta merupakan dambaan setiap wanita. Tak heran, kaum hawa sangat memikirkan elemen fesyen yang dipakai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Salah satu barang yang tak boleh luput adalah tas pesta atau yang dikenal dengan sebutan clutch bag.

Terus meningkatnya kebutuhan akan clucth bag nan gaya ini dibidik oleh beberapa pengusaha. Salah satu pebisnis yang sukses memanfaatkan peluang adalah Amiek Indriastuti warga Jl. Riung Mulya Raya No. 2, Riung Bandung, Bandung, Jawa Barat. Di bawah bendera Za’Nis Art and Creation dia memproduksi aneka clutch dan selop pesta nan unik sejak 2007.

Latar belakang Amiek terjun ke bisnis ini bermula kala melihat kegemaran sang ibu menekuni teknik sulam pita. Menurut Amiek, sulam pita memiliki ciri khas yang bisa membuat sebuah produk fesyen biasa hingga terlihat berbeda.

Awalnya, Amiek mengaplikasikan sulam pita ke atas permukaan pakaian. Namun, lantaran sudah banyak pemain sulam pita untuk baju, ia pun beralih ke tas. Bekerjasama dengan perajin tas, Amiek mulai memproduksi tas perdana berjenis tas pesta yang mudah digenggam tangan.

Agar makin cantik, dia menambahkan aksen payet dan kristal swarowski pada permukaan tas. Alhasil, kombinasi antara sulam pita, payet, dan taburan kristal swarowski mampu membuat clutch terlihat memukau. Lebih lanjut, dia memanfaatkan bahan taveta sebagai bahan baku. Dia memilih bahan taveta karena tekstur halus dan agak mengkilat.

Selain terus berinovasi dengan model-model tas baru, Amiek juga mulai merambah pada produk alas kaki. “Beberapa perempuan senang mengenakan tas dan selop dengan model yang klop kala ke pesta. saya juga menerima pembuatan selop atau sepatu berdesain senada dengan tas pesta. Selain untuk pesta, produk ini juga diincar oleh calon pengantin.”

Amiek memasarkan produk clutch dan sepatu Za’Nis Art and Creation melalui berbagai cara. Selain membuat situs www.zanisbag.com, dia juga mempromosikan produknya melalui media sosial a.l. Facebook, Twittter, dan Instagram. Tak sekadar berjualan online, Amiek juga sering mengikuti pameran produk kerajinan tangan yang dilaksanakan di Jakarta dan Bandung.

Harga clutch Za’Nis Art and Creation dibanderol mulai dari Rp170.000–Rp300.000 per buah. Adapun, selop dan sepatu pesta dijual Rp180.000–Rp250.000 per pasang. Amiek mengaku margin keuntungan yang didapat dari bisnis ini berkisar 30–40%.

Soal peluang, Amiek dan Vita mengaku pangsa pasar produk tas pesta terus berkembang. Hal ini tak lepas dari kebutuhan para wanita yang ingin tampil prima kala menghadiri acara formal, misalnya pesta pernikahan.

Lantaran permintaan tinggi, Amiek tak menampik jumlah kompetitor yang terjun ke bisnis ini terus bertambah. Kendati demikian, dia tak menyerah dan berkecil hati. Malah, dia makin semangat untuk menelurkan produk baru yang lebih kreatif.

Source http://entrepreneur.bisnis.com http://entrepreneur.bisnis.com/read/20141006/263/262585/kiprah-amiek-memproduksi-tas-dan-selop-pesta-nan-glamor
Comments
Loading...