Kerajinan Tas Difabel Di Jember Tak Kalah Bersaing Di Pasaran

0 323

Kerajinan Tas Difabel Di Jember Tak Kalah Bersaing Di Pasaran

Kesuksesan manusia karena semangat dan tidak mudah putus asa akan memberikan manfaat dalam hidup. Tak terkecuali bagi mereka yang menyandang disabilitas. Salah satunya Tini, warga RT 01 RW 11 Dusun Krajan Desa Biting, Kecamatan Arjasa. Meski mengalami keterbatasan fisik tak membuat Tini mudah putus asa. Dengan semangat tinggi Tini menghasilkan karya yang bernilai ekonomis. Pasangan Muctar Wijaya yang dikaruniai dua putra ini menekuni profesinya sebagai pengrajin tas. Bahan dasar yang digunakan berasal dari gelas plastik bekas minuman. Selain membuat kerajinan tas, Tini juga dapat menjahit baju.

 

Walaupun keterbasan secara fisik, namun Tini tidak pantang menyerah yang dibuktikan dengan karyanya dengan menghasilkan tas dan menjahit pakaian layaknya orang yang sempurna.

”Saya ditinggal orang tua meninggal sejak masih kelas empat Sekolah Dasar (SD) dan saya langsung diasuh oleh paman saya, yang sekarang menjabat Kepala Desa Biting. Karena beliaulah dengan ketulusannya yang mengasuh saya hingga tamat (SMP) dan akhirnya saya bisa jadi orang yang berguna, walaupun keadaan saya kurang sempurna hanya keterbasan,” paparnya dengan nada lirih. Selain itu, Tini ingin mengembangkan usahanya, jika ada tambahan modal. Dirinya ingin mengangkat pekerja disekitar lingkungan tempat tinggalnya untuk mengurangi pengangguran, yang punya kemampuan dan bakat.

“Meski saya memiliki keterbatasan secara fisik saya ingin memberdayakan warga sekitar mas, terutama yang menganggur tapi punya bakat dan kemauan serta kemampuan,” ujarnya.

Source https://jember.memo-x.com https://jember.memo-x.com/2846/hasil-karya-kerajinan-difabel-tak-kalah-bersaing-di-pasaran.html
Comments
Loading...