Kerajinan Tas Kamera Di Jakarta

0 87

Kerajinan Tas Kamera Di Jakarta

Dwi Agustoni merintis bisnis pembuatan tas kamera berawal dari keinginannya memiliki tas kamera bermerek. Namun, keinginan itu tak terwujud karena uangnya tak cukup.

“Awal mulanya waktu dulu butuh tas kamera, tapi harganya mahal banget yang aku mau itu yang bermerek Rp 2,5 juta. Bukannya nggak bisa beli tapi kalau beli bisa nggak makan soalnya anak kos mikir gimana caranya supaya bisa punya tas kamera,” ujar Dwi, pemilik usaha tas kamera.

Kemudian ia mulai berpikir bagaimana bisa memproduksi tas-tas itu sendiri, mulai dari mencari produsen hingga mencari tukang jahit yang bisa menciptakan tas-tas kamera. Ia mengatakan saat kuliah sudah diberikan ide oleh kampusnya untuk membuka lapangan pekerjaan.

Berbagai kendala ditemuinya seperti disaat mencari produsen misalnya banyak yang tidak mau menerimanya untuk menjahit tas kamera tersebut karena jumlah pesanannya masih sedikit sampai akhirnya ia menemukan seorang penjahit yang mau mengerjakan pesanannya

“Di Bandung nyari banyak produsen tapi nggak melayani satuan terimanya partai besar, sampai akhirnya ketemu satu orang mau bikinin,” lanjut Moha, sapaan akrab Dwi.

Dengan bermodal Rp 500.000 hasil patungan bersama teman, Moha akhirnya mencoba membuat desain tas kamera yang kemudian diberikan ke tukang jahit untuk dibuat. Setelah selesai, tas tersebut digunakan Moha untuk kuliah yang kemudian dilirik oleh salah satu dosen di kampusnya.

“Akhirnya coba dengan modal Rp 500 ribuan patungan sama teman coba bikin ke tukang jahit tas. Aku kasih desain udah gitu jadi dipakai kuliah dosen aku suka mau jahit satu lagi tapi penjahitnya nggak mau bikin lagi karena udah mulai menjahit partai besar sedangkan aku masih partai kecil kan,” tutur Moha.

Semenjak itu ia mulai berpikir untuk memproduksi tas kamera dan memasarkannya lebih banyak lagi.

“Setelah itu awal mula mulai kembangin lagi buat 12 pieces modalnya Rp 700.000-Rp 1.000.000-an lah patungan lagi kita coba pasarin di twitter 80% yang paling banyak sisanya di Facebook, dan di blog,” ungkap Moha.

Source https://finance.detik.com https://finance.detik.com/solusiukm/d-3252770/bikin-tas-kamera-pria-ini-raup-omzet-rp-10-jutabulan
Comments
Loading...