Kerajinan Tas Karung Goni Di Pati

0 326

Kerajinan Tas Karung Goni Di Pati

Bersama istrinya, liana, Mohammad Arifin kini semakin melebarkan pangsa pasar hasil kreasinya, tas karung goni sampai Spanyol. Warga Desa Sambiroto, Kecamatan Tayu, Kabupaten Pati itu padahal baru tiga bulan menggeluti usaha memanfaatkan karung goni bekas yang hanya dibiarkan menumpuk di tempat pembuangan.

“Ide awalnya karena saya melihat banyak limbah goni yang dibiarkan begitu saja. Kebetulan kan saya mempunyai usaha konveksi, jadi saya coba membuat barang kerajinan dari barang bekas ini,” tuturnya.

Cara membuatnya pun sangat sederhana, cukup ada kain goni dan kain sotir. Setelah keduanya ada, kain goni dicuci bersih dan setelah kering dipotong sesuai bentuk. Kain sortir juga harus disesuaikan dengan bentuk kain goni. “Kemudian dijahit dan setrika, siap deh untuk di pasarkan,” jelas Arifin.

Arifin mengaku sudah kebanjiran order. Tidak hanya menerima permintaan dari dalam negeri. Arifin menjelaskan belum lama ini dirinya mendapat pesanan dari Spanyol, sebanyak 150 item.

“Kemarin dapat pesanan lima jenis tas berbeda, masing-masing sejumlah 30 item dari Spanyol lagi. Saya tidak menyangka jika produk saya diminati warga asing,” ungkap Arifin.

Selain menjual kerajinannya di toko, Arifin juga memasarkan melalui media sosial (Medsos) dan market places. Karung Goni di tangan Arifin menjadi barang kerajinan seperti aneka tas, dompet, topi, songkok, tas ransel, dan pernak-pernik lainnya.

“Paling murah ya dompet seharga 25 ribu rupiah, kalau yang paling mahal di kisaran 170 ribu rupiah itu tas ransel, karena pembuatannya cukup rumit,” tandasnya.

Arifin mengatakan saat ini dirinya hanya membuat produk kerajinan itu berdasarkan order. Selain itu dia juga bercita-cita membuat merek dagang sendiri untuk produk-produknya. “Pengennya sih punya merek sendiri, tapi kan modalnya butuh besar,” jelas Arifin.

Source https://jateng.merdeka.com https://jateng.merdeka.com/ukm/baru-tiga-bulan-beredar-tas-karung-goni-ini-melesat-ke-spanyol-170407d.html
Comments
Loading...