Kerajinan Tas Kayu Di Yogyakarta

0 109

Kerajinan Tas Kayu Di Yogyakarta

Di pameran kerajinan Kriyanusa 2018, Anda bisa menemukan tas berbahan kayu yang dibuat oleh Dody Andri, pengrajin asal Yogyakarta yang menamai produknya dengan label Ruaya.

“Awalnya saya tertarik untuk mengolah kayu mindi menjadi aneka produk seperti tas, buku, dompet, dan lainnya,” ujar Dody di Pameran Kriyanusa 2018, di Balai Sidang Jakarta.

Produk tas inilah yang kemudian lebih banyak diminati pembeli ketimbang produk lainnya. Tak heran, Dody punya sembilan jenis tas, mulai dari tas tangan, hingga ransel.

Kayu mindi dipilihnya karena memiliki tekstur yang bagus dan ringan. “Tas kayu mungkin identik dengan berat. Makanya kami cari kayu yang ringan dan teksturnya masih masuk,” kata Dody.

Selain kayu, bagian dalam tas juga dilapisi dengan kulit untuk memberikan kesan perpaduan kayu dan hewan yang berasal dari alam. “Pohon dan binatang jadi sesuatu yang estetik dan fungsional,” katanya.

Berbicara soal nama, Dody berujar bahwa Ruaya memiliki makna siklus perkembangbiakan ikan cakalang.

“Ikan cakalang adalah (ikan) yang harus terus bergerak. Kalau tidak, saluran di dalam tubuhnya akan beku. Pilihannya, bergerak atau mati,” tuturnya.

Dalam pandangan dia, hal itu sama dengan filosofi orang Jawa, yakni “nek ora obah ora mamah” yang artinya “kalau tidak bekerja, maka seseorang tidak akan bisa makan”.

“Saya kira, itu bagus diterapkan untuk etos sebuah produk,” katanya.

Harga produk Ruaya berkisar antara Rp100 ribu hingga Rp900 ribu. Produk kayu buatan Dody ini bisa ditemui di Hall Plenery JCC hingga 30 September 2018. (bas)

Source http://kabare.id http://kabare.id/berita/tas-kayu-buatan-pengrajin-asal-yogyakarta
Comments
Loading...