Kerajinan Tas Macrame Di Tuban

0 112

Kerajinan Tas Macrame Di Tuban

Bentuknya unik dengan beragam warna serta rekatan tali simpul nan variatif, ditambah aksen pita, mata dan telinga, menjadikan produk ini hampir menyerupai dengan boneka aslinya, yakni boneka hello kitty.

Dari jauh, sepintas seperti boneka pada umumnya, namun ketika diamati secara detail, produk-produk buatan UKM A’ada Collection ini merupakan sebuah tas macrame yang terbuat dari bahan dasar tali kur.

“Ini salah satu inovasi produk tas buatan saya yang paling laris, karena kata pembeli saya, tasnya unik dan anak-anaknya banyak yang suka,” ucap Siti Nur Aminah pemilik UKM A’ada Collection.

Sambil mengambilkan produk tas macrame hello kitty-nya, Siti berkata, bahwa pada umumnya semua orang bisa membuat produk yang sama seperti yang ia buat. Namun setiap sentuhan orang tentunnya memiliki cita rasa kreativitas yang berbeda-beda.

“Seperti memasak, beda tangan juga beda rasa. Misal pembuatan tas model hello kitty ini, karya saya menggunakan model tali sampul berbeda dengan badan tasnnya. Teknik membuat telingannya ini butuh waktu lumayan lama dan sulit,” ucap perempuan kelahiran Tuban tersebut.

Ia pun menjelaskan beberapa teknik macrame yang ia pahami. Menurutnya teknik macrame mempunyai berbagai jenis tali simpul yakni simpul dasar, kepala dan tentunya masih banyak lagi. “cara penaliannya itu dari atas ke bawah. Beda dengan rajut yang menggunakan jarum breien yang berukuran panjang dan tahapan awal pembuatannnya pun dari bawah ke atas, kebalikannya,” jelasnya.

Bicara soal motif, biasanya Siti membuat sesuai dengan permintaan pembeli. Dan ia menerapkan sistem pre order dan custom variasi produk. Kebanyakan para pembeli menyodorkan beberapa request tas yang mereka diinginkan.

“Sebagian besar pembeli menyukai motif trisik dan hati, karena saya amati sejak pertama kali saya membuat tas jenis ini, pesanannya banyak yang memakai motif tersebut,” ucap Siti.

Ia pun berharap, dengan semakin bertambahnnya skill yang ia kuasai, maka akan berdampak pula pundi-pundi uang yang didapat. Siti tak menampik, pertumbuhan dunia industri kreatif akhir-akhir ini memang mengalami perkembangan yang cukup signifikan.

“Saya sadar pesaing itu pasti ada. Namun itu sebagai motivasi saya, kalau mereka modelnya bagus itu membuat saya semakin terpacu lagi. Kalau mereka bisa, saya pasti juga bisa,” katanya.

Baginya, mendapatkan pujian dari pembeli merupakan suatu kepuasan tersendiri.“Pengrajin pemula seperti saya ini kalau sudah dipuji itu sangat gembira, apalagi dikasih apresiasi lebih dengan membeli produk saya,” pungkasnya dengan raut wajah ceria

Comments
Loading...