Kerajinan Tas Resleting Unik Dari Blitar

0 308

Kerajinan Tas Resleting Unik Dari Blitar

Selama ini, banyak orang menggunakan resleting sebagai perangkat yang menggabungkan dua sisi baik itu di bahan seperti kain atau kulit. Apakah itu untuk baju, celana, rok, dompet, hingga koper. Namun, di tangan orang kreatif, resleting bisa menjadi bahan baku produk tas unik, bermanfaat dan bisa menghasilkan omzet hingga jutaan rupiah.

Dengan kreativitas, fungsi resleting tidak hanya digunakan sebagai alat penutup saja, tapi bisa juga digunakan sebagai bahan baku utama untuk membuat produk seperti tas, dompet, kotak pensil, kotak kosmetik, hingga wadah makanan.

Perajin yang memanfaatkan resleting sebagai bahan baku utama adalah Yoseph Dwi Prasetia Adi. Pria asal Blitar, Jawa Timur ini membuat tas dari resleting sejak Juni tahun lalu.

Adi, begitu Yoseph Dwi Prasetia Adi biasa dipanggil juga menggunakan dunia maya untuk mempromosikan dagangannya. Lewat blog miliknya, Adi menjual tas, dompet, tempat tisu berbahan baku resleting. Meski dalam jumlah terbatas, peminat produk bikinan Adi berkembang, bahkan sampai mendapat pesanan dari orang Australia.

Untuk memenuhi pesanan yang mengalir, saat ini Adi mampu memproduksi lebih banyak lagi, yakni sekitar 30 tas sehari. Dengan ukuran 35×40 cm, harga tas bikinan Adi juga terbilang lebih murah yakni Rp 35.000 per tas.

Ia biasanya berbelanja resleting di Surabaya. Dalam satu minggu, ia biasanya membeli lima rol resleting. Satu rol resleting memiliki panjang sekitar 90 meter dengan harga Rp 100.000.

Dari sekian banyak produk yang Adi hasilkan, tas dengan ukuran sedang yakni 35x35cm dan 35x40cm merupakan produk yang paling laris. “Kebanyakan yang beli remaja dan anak kuliah,” ujar Adi.

Semakin membutuhkan ketelitian jika pesanan yang datang menginginkan kombinasi warna tertentu. “Ini lebih rumit,” ujar Adi. Pasalnya, tak semua resleting bisa dikombinasikan hingga menghasilkan warna sesuai pesanan dengan keinginan konsumen. Harga resleting yang tidak stabil juga menghambat penjualan produk-produk kerajinan berbahan baku resleting.

Source Kerajinan Tas Resleting Unik Dari Blitar Kerajinan Tas Resleting Unik Dari Blitar
Comments
Loading...