Kerajinan Tas Sekolah Dari Limbah Plastik

0 173

Kerajinan Tas Dari Limbah

Keprihatinan dan kecemasan Hijrah Purnama terhadap limbah sampah plastik mulai ia rasakan ketika duduk di bangku kuliah. Bermula dari mencuci sampah plastik yang dilakukannya bersama teman-temannya.

Di bangku kuliah ia selalu disuguhkan materi-materi tentang pengelolaan lingkungan membuat hijrah merasa risih dengan sampah yang dibiarkan begitu saja, hanyut di sungai, ditimbun ataupun dibakar. Orang-orang melakukan hal tersebut karena tidak paham.

“Satu minggu sekali diambil dan selama satu tahun pertama setiap Sabtu dan Minggu, kegiatan kami adalah menghitung, mencuci dan menjemur sampah plastik. Setelah kering sampah dipilah sesuai jenisnya. Sambil berjalan kami melatih kemampuan komunikasi kepada masyarakat. Satu tahun pertama kami sudah bisa membuat beberapa desa secara sukarela mengumpulkan sampah plastik yang dihasilkan setiap rumah untuk disetorkan kepada kami. Kemudian kami mengolahnya dengan butik daur ulang kami yang berlokasi di jalan Damai, Kaliurang, Jogja dengan membuat berbagai macam produk, salah satunya adalah tas sekolah yang sangat menarik.” Ujar Hijrah.

Source Kerajinan Tas Sekolah Dari Limbah Plastik Kerajinan Tas Sekolah Dari Limbah Plastik
Comments
Loading...