Kerajinan Tas Sukorejo Di Lamongan

0 545

Kerajinan Tas Sukorejo Di Lamongan

Kerajinan tas belanja di Desa Sukorejo, Kecamatan Turi, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur menjadi sulit berkembang karena tidak adanya regenerasi. Padahal home industri yang mayoritas ditekuni para perempuan itu telah menjadi penopang ekonomi masyarakat setempat.

Sekarang ini usaha tersebut kembang kempis karena berkurangnya jumlah perajin. Akibatnya para perajin tas Desa Sukorejo tak dapat memenuhi permintaan pasar.

“Mereka banyak yang tidak telaten. Karena membuat tas ini njlengut. Jadi perajinnya terbatas sekali. Ini yang menjadikan usaha ini sulit berkembang, “ ungkap Ernawati salah satu perajin disela-sela membuat tas.

Sebenarnya produksi tas belanja berbahan baku plastik kaca oleh perempuan Desa Sukorejo itu sudah ada yang menampung. Para perajin hanya tinggal membuatnya. Sedang bahan bakunya disediakan oleh pengepul.

“Hasilnya lumayan mas, bisa untuk tambahan penghasilan. Sambilan namun menguntungkan,” kata Ernawati menerangkan.

Dia mengaku, untuk upah pembuatan 1 lusin tas belanja ini fariatif tergantung ukurannya. Untuk jenis tas ukuran jumbo perlusinya perajin memperoleh upah Rp10 ribu, ukuran sedang sebesar Rp9 ribu dan Rp 7.000 ribu untuk ukuran kecil.

Ditambahkan, tas kreasi Desa Sukorejo ini menjadi salah satu produk unggulan kabupaten Lamongan. Pemasarannya tidak hanya Jawa timur namun telah merambah Kalimantan, Sulawesi dan Sumatera.

Source http://suarabanyuurip.com http://suarabanyuurip.com/kabar/baca/kerajinan-tas-sukorejo-sulit-berkembang
Comments
Loading...