Kerajinan Tas Sulam Dari Karung Goni Di Surabaya

0 429

Kerajinan Tas Sulam Dari Karung Goni Di Surabaya

Karung goni tampaknya telah memiliki tempat khusus dalam sejarah bangsa Indonesia. Sejak zaman dahulu, karung yang terbuat dari serat kasar berbagai kulit tanaman tersebut telah diberdayakan untuk menampung dagangan komoditas pangan, seperti ubi dan ketela.

Terlepas dari citranya yang kelam tersebut, karung goni pada era modern telah mengalami pergeseran fungsi di dunia fesyen. Material yang dulunya dianggap tidak berkelas dan murahan itu, ternyata mampu disulap menjadi aksesoris trendi yang bernilai seni.

Banyak perajin lokal yang sudah mampu berkreasi dengan model-model tas goni yang lebih kekinian, tapi tetap diperkaya dengan sentuhan vintage agar pemakainya tetap dapat tampil elegan di berbagai acara.

Menurutnya, umpan balik dan apresiasi pengunjung museum tembakau yang terletak di Surabaya itu terhadap produk ramah lingkungan membuat HoS semakin bersemangat menawarkan kerajinan-kerajinan burlap asli buatan dalam negeri.

Beberapa perajin lokal karung goni salah satunya adalah Saiful yang telah mampu menghasilkan aksesori yang indah dan inovasi bernilai tinggi. Produk mereka pun bervariasi mulai dari tas, sepatu, sandal, dan sebagainya, di UD. Benua Ruko Rungkut Megah Raya Blok K.3 (sebelah counter Lea Jeans) JL.Raya Kali Rungkut no 1. Surabaya

Khusus untuk tas dari karung goni, model-model yang ditawarkan cukup stylish, mulai dari tas jinjing (tote bag), tas tangan (hand bag), hingga tas genggam (clutch bag). Kesan burlap yang kumal pun sirna dengan sentuhan aksen bordir serta sulam pita nan elegan.

Motif yang paling digemari untuk tasburlapadalah nuansa vintage ala dekade 1960-1970an. Desain floral atau bunga-bunga dengan palet warna cerah yang kontras dengan bahan dasar goni adalah yang paling populer. Ada juga corak geometri, pepohonan, dan burung

Source Kerajinan Tas Sulam Dari Karung Goni Di Surabaya Kerajinan Tas Sulam Dari Karung Goni Di Surabaya
Comments
Loading...