Kerajinan Tas Unik Dari Pelepah Pohon Palem

0 258

Kerajinan Tas Dari Pelepah Pohon Palem

Wyna Herdiana, dosen pembimbing tugas akhir Di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat Dari beragam proses yang dialami, paling lama saat eksperimen warna pelepah palem serta menyusunnya dalam pola yang sudah dibuatnya. ”Pelepahnya kalau kering agak menyusut, jadi potongan-potongannya tidak pas dengan pola, nanti akan jelek,” urainya.

Ia optimis produknya ini bisa diterima pasar karena masih baru, eksotik dan natural. Hanya saja, dia masih perlu menyempurnakan dengan mencoba mencari desain lain yang terkesan lebih santai.

Cukup lama Wyna bereksperimen hingga akhirnya didapat cara untuk membuat pelepah palem raja lebih putih dia merendamnya dalam pemutih pakaian selama sehari. Sementara untuk membuat pelepah palem putri lebih gelap dia rendam dengan natrium hidroksida (NaOH). Sedangkan warna alami dari palem ekor tupai dinilai sudah cukup bagus sehingga tidak perlu diberi perlakuan.

Pelepah-pelepah yang terkumpul itu pun diamati warna dan teksturnya. Palem putri yang banyak tumbuh di halaman rumahnya memiliki warna coklat agak kemerahan. Sementara palem raja pelepahnya lebih besar dan warnanya coklat muda dan palem ekor tupai bagian dalamnya berwarna coklat agak kekuningan.

Ada tiga jenis tas yang dibuat, yakni Clutch yang diberi nama Clurcy bag dengan desain rantai sebagai handle nya, Lalu tas tablet yang diberi nama tabby dengan desain lebih besat dan terdapat tempat menyimpan tab maksimal 8 inci. Terakhir, tas jinjing bernama Lola bag dengan desain paling besar dan bergaya serut sebagai pembuka bagian dalamnya.

Source Kerajinan Tas Unik Dari Pelepah Pohon Palem Kerajinan Tas Unik Dari Pelepah Pohon Palem
Comments
Loading...