Kerajinan Tasbih Di Desa Tutul

0 111

Kerajinan Tasbih Di Desa Tutul

Kalau berkunjung ke Jember mampirlah ke Desa Tutul, di Kecamatan Balung Jawa Timur yang sudah  menjadi desa percontohan sentra industri kecil. Ditandai dengan banyak industri kecil dan kerajinan yang meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Contoh kerajinan yang dihasilkan di Tutul adalah tasbih, gelang, kalung, gantungan kunci, dan keperluan rumah tangga lainnya. Kerajinan-kerajinan tersebut  sebagian besar terbuat dari kayu.

Sebagai pusat produksi kerajinan kayu berupa manik-manik gelang, kalung dan tasbih yang palingbanyak diproduksi sekarang ini berbahan kayu. Ribuan warga yang mahir membuat aneka aksesori dari kayu bisa menembus ekspor ke Cina dan dijual lokal di Banyuwanagi, Bali, Jakarta, Surabaya dan kota lainnya. Data Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi menyebutkan, dari total 9.989 warga Desa Tutul, ada sekitar 1.057 orang yang berprofesi sebagai perajin. Oleh Menteri Muhaimin Iskandar dinobatkan Desa Tutul sebagai salah satu desa produktif di tanah air.

Desa ini berjarak sekitar 25 kilometer  dari Kota Jember. Letaknya yang relatif jauh dari kawasan ekonomi perkotaan, mendorong warganya berupaya keras membangun industri dengan keahlian yang dimiliki. Tak heran, kemampuan membuat kerajinan dari kayu ibarat sudah mendarah daging bagi warga Desa Tutul.

Source https://www.kompasiana.com https://www.kompasiana.com/asitasuryanto/54f6835fa3331199158b4d78/desa-tutul-pusat-kerajinan-tasbih-kabupaten-jember
Comments
Loading...