Kerajinan Tembaga Khas Pasuruan

0 151

Sentra Kerajinan Tembaga

Di Pasuruan pengerajin setingkat UKM yang bisa dikatakan masih minim biaya. Bapak Zainul, warga Desa Karanglo, Kecamatan Sukorejo adalah pemilik dari Sentra Kerajinan Tembaga Khas Pasuruan ini. Awalnya bapak ini hanya coba-coba. Beliau memiliki Yayasan yang bernama Darul Mukmin dan untuk mengembangkan Yayasan ini, bapak Zainul mencoba-coba membuat Kerajinan dari Tembaga. Beliau mendapat bahan baku dari Pati dan Kudus, Jawa Tengah. 

salah satu hasil kerajinan tembaga

Hasil kerajinan yang telah dibuat oleh Bapak Zainul ini meliputi accessories seperti bros, kalung, gelang dan cincin, dan miniatur seperti becak, sepeda onthel, dan becak Thailand. Pesanan biasanya datang dari daerah Bali dan Banyuwangi untuk Accessories. Untuk miniatur biasanya datang dari perorangan. Diperlukan waktu 3 hari untuk menyelesaikan sebuah karya seni dari tembaga ini. Bapak Zainul hanya melayani pesanan minimal 10 atau lebih, karena minimnya modal dan juga perbandingan pembuatannya 1:10.

Dunia ini memang penuh persaingan. Kerajinan tembaga khas Pasuruan ini kalah dari kerajinan tembaga yang dari luar daerah lain. Di daerah lain, yang lebih menonjol adalah miniaturnya, tetapi, dari Pasuruan yang menonjol adalah accessoriesnya. Bapak Zainul memang tidak memproduksi dalam skala yang besar, karena peminat pun tidak terlalu banyak.

Source Kerajinan Tembaga Khas Pasuruan Kerajinan Tembaga Khas Pasuruan
Comments
Loading...