Kerajinan Tempat Sampah Dari Ban Bekas Di Surabaya

0 560

Kerajinan Tempat Sampah Dari Ban Bekas Di Surabaya

Kelurahan Bongkaran, Kecamatan Pabean Cantikan, Surabaya tepatnya di sepanjang Jalan Karet, selalu menjadi jujukan pencari hasil kerajinan dari limbah roda mobil. Penyebabnya, warga di sini tersohor mendirikan usaha membuat kursi, bak, bak sampah, vas bunga, dari limbah roda mobil dan truk.

Jangan salah, yang memburu hasil produksi perajin di Kelurahan Bongkaran ini, hingga dari luar pulau. Seperti Kalimantan, Banjarmasin, Palembang dan Kendari. Ini lantaran produk kerajinan dari kampung ini terjamin kualitasnya dan awet bertahun-tahun.

Total di Kampung Bongkaran ada tujuh perajin yang memroduksi bak sampah dari limbah roda kendaraan. Masing-masing perajin memiliki rata-rata tiga orang pegawai. Sriyati, pemilik UD Barokah 99, salah satu perintis usaha perajin limbah roda kendaraan roda empat di Kelurahan Bongkaran.

Wanita berkerudung ini menjelaskan, saat ini bisnis membuat kerajinan ban mobil sudah dikelola generasi ketiga di keluarganya. Sejak didirikan 1950, sebetulnya banyak produk yang dihasilkan. Mulai kursi hingga vas bunga. Akan tetapi, mengikuti permintaan pasar, yang laku dijual hanya produk bak sampah.

Per hari usaha milik Sriyati bisa memroduksi antara 20 hingga 50 bak sampah dari limbah roda mobil dan truk. Banyak tidaknya produksi kadang ditentukan jumlah orderan pasar. Sebanyak empat orang yang bekerja di UD Tunas Harapan, bahkan sudah hapal pola yang harus digambar di atas bak sampah yang akan dijual. “Catnya pakai cat kayu,” ujarnya. Jika sudah dalam bentuk bak sampah dan bercat dengan pola tertentu, produk ini dijual Rp 40.000 hingga Rp 65.000. Tergantung tingkat kesulitan pola yang diminta pemesan.

Proses Pembuatan Tempat Sampah :

  • Limbah roda bekas dikuliti, diambil lapisan dalamnya
  • Lapisan dalam itu dibagi jadi dua buah setengah lingkaran
  • Kemudian, disayat lagi jadi dua bagian
  • Satu roda truk besar biasanya untuk memroduksi empat buah bak sampah
  • Biasanya yang digunakan tubuh bak sampah, roda truk berdiamater sampai 1.100 milimeter
  • Untuk tutup bak sampah dari roda ukuran lebih kecil
Source Kerajinan Tempat Sampah Dari Ban Bekas Di Surabaya Kerajinan Tempat Sampah Dari Ban Bekas Di Surabaya
Comments
Loading...