Kerajinan Tempurung Kelapa Di Purbalingga

0 516

Kerajinan Tempurung Kelapa

Sentra kerajinan tempurung di Kelurahan Purbalingga Wetan, Kecamatan/Kabupaten Purbalingga mengaku kewalahan memenuhi permintaan. Bahan baku disebut-sebut menjadi kendala utamanya.

Ketua Kelompok Perajin Tempurung “Manunggal Karya”, Sutrisno mengatakan, selama ini bahan baku untuk pembuatan kerajinan tempurung dan kayu kelapa berasal dari limbah yang mereka cari di tempat pemotongan kayu. “Karena kayu yang digunakan spesifik kayu kelapa (glugu), tidak setiap tempat pemotongan kayu ada,” katanya.

Adapun untuk bahan baku tempurung kelapa, mereka biasanya mengambil di sentra pembuatan kopra. Mereka memilih limbah karena untuk membeli kayu kelapa utuh harganya sangat mahal. Sulitnya bahan baku, membuat mereka harus mencari hingga ke luar kabupaten seperti Kebumen, Banjarnegara dan Banyumas.

“Dalam sekantung limbah kayu kelapa, tidak seluruhnya dapat diolah menjadi kerajinan. Limbah itu dipilih yang baik untuk diolah menjadi berbagai produk,” lanjutnya.

Para perajin di sentra kerajinan tempurung dan kayu kelapa di Kelurahan Purbalingga Wetan, Kecamata/Kabupaten Purbalingga memproduksi peralatan rumah tangga seperti irus, mutu, ciri, asbak, centong, soled, sumpit, garukan dan lainnya yang mencapai 30 jenis.

Sementara itu, Kasi Industri Nonagro pada Bidang Industri Dinas Peridustrian, Perdagangan dan Koperasi (Dinperindagkop) Purbalingga, Suyono mengatakan, sebenarnya bahan baku tempurung masih banyak didapat. Sebab di wilaah Purbalingga terdapat beberapa titik sentra kopra yang limbahnya dapat digunakan oleh perajin.

Source Kerajinan Tempurung Kelapa Di Purbalingga Kerajinan Tempurung Kelapa Di Purbalingga
Comments
Loading...