Kerajinan Tenik Ecoprint ‘Debora Art’ Di Yogyakarta

0 253

Kerajinan Tenik Ecoprint ‘Debora Art’ Di Yogyakarta

“Debora Art” milik Ninik Swatini Suwarno dari Yogyakarta menghasilkan aneka produk dengan tehnik eco print ke berbagai media seperti kain berbahan sutra dan katun, syal, tas, payung, dan pakaian jadi. Secara sederhana pengertian Ecoprint adalah tehnik pewarnaan pada kain menggunakan unsur-unsur warna alami seperti dari daun dan ranting (atau sumber warna lainnya) dimana warna dan bentuk dari bahan tersebut akan tercetak pada kain.

Ninik memilih tehnik shibori dan ecoprint karena baginya keduanya menggunakan pewarna alam yang bahan bakunya sangat mudah didapat dan berlimpah. Menurutnya ecoprint sangatlah unik sebab pembuatannya memakai bahan yang sudah dianggap sebagai sampah tetapi nyatanya dapat diubah menjadi karya seni yang bernilai jual tinggi.

Bermodal awal lima juta rupiah Ninik memulai usaha ini sejak 8 oktober 2010 dengan memproduksi kain menggunakan tehnik shibori. Kisahnya bermula saat Ninik menjadi seorang guru batik di sebuah SMP swasta. Saat mencari bahan pelajaran melalui internet tentang membatik Ninik menemukan cara membatik dengan tehnik shibori. Kini seiring berjalannya waktu Ninik telah mengadakan workshop shibori ke berbagai kota di Indonesia sejak tahun 2013 dan saat ini sudah ada sekitar dua ribu orang yang sudah mempelajari tehnik shibori darinya.

“Shibori merupakan kesenian dari Jepang dimana sebuah pola pada kain diciptakan dengan cara mencelupkan kain pada pewarna. Saat pewarnaan ada beberapa bagian kain yang dilindungi agar tidak semua bagian kain terkena pewarna” paparnya.

Pada tahun 2016 Ninik mulai belajar eco print kepada Awang Narsetyawan di Surabaya. Berbekal hal tersebut Ninik kemudian mengkombinasikan tehnik shibori dan tehnik ecoprint dalam karyanya sampai sekarang.

Respon pasar terhadap produknya sangat bagus sebab dalam promosinya Ninik juga mengedukasi konsumen mengenai eco print. Dalam pengerjaannya saat ini Ninik dibantu oleh dua orang karyawan yang disesuaikan dengan kapasitas produksi.
Keunggulan produk Debora Art dibanding kompetitor ada pada motif daun. Ninik menggunakan daun-daun atau bahan yang belum digunakan oleh kompetitor dan inilah yang menjadi ciri khas dari Debora Art.

Source https://www.ukmzone.com https://www.ukmzone.com/2018/04/debora-art-dengan-eco-print-buat-motif-kain-dari-bahan-warna-alami.html
Comments
Loading...