Kerajinan Tenun Bahan Akar Wangi Di Pekalongan

0 247

Kerajinan Tenun Akar Wangi

Pekalongan tidak hanya sebagai salah satu sentra penghasil kerajinan batik, sekarang ini kreativitas masyarakat setempat mulai meningkat sehingga tercipta berbagai macam jenis kerajinan tenun memanfaatkan bahan baku alami. Terletak di di Desa Pakumbulan, Kecamatan Buaran, Kabupaten Pekalongan, sedikitnya ada sekitar 100 perajin yang memproduksi kerajinan tenun berbahan baku Akar Wangi.

Untuk bisa sampai ke sentra kerajinan tenun di Desa Pakumbulan ini, kita membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari pusat Kota Pekalongan. Hampir setiap warga di Desa tersebut memiliki mata pencaharian sebagai pengrajin tenun Akar Wangi. Tidaklah heran, bila di setiap halaman rumah warga sering kita jumpai hamparan Akar Wangi yang sedang dikeringkan.

Bahan Akar Wangi diolah warga setempat salah satu perajinnya yaitu Bapak Shofiyanto dengan cara ditenun menggunakan alat tenun bukan mesin (ATBM). Hasil tenunan setengah jadi yang masih berupa lembaran itu biasanya dijual kepada para konsumen yang rata-rata adalah produsen kerajinan natural di berbagai daerah yang kemudian membentuknya menjadi beragam jenis produk kerajinan siap pakai seperti misalnya taplak meja, kotak tisu, sajadah, tirai, tas, karpet, atau lajuran (hiasan dinding).

Source Kerajinan Tenun Bahan Akar Wangi Di Pekalongan Kerajinan Tenun Bahan Akar Wangi Di Pekalongan
Comments
Loading...