Kerajinan Tenun Di Makassar

0 241

Kerajinan Tenun Di Makassar

Ketua Dekranasda Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail mengatakan, hasil tenun para pengrajin yang dibina Dinas Perdagangan Makassar sangat memuaskan dan melampaui ekspektasinya.

“Saya sangat senang melihat proses pembelajaran para perajin serta hasilnya. Tinggal ditingkatkan variasinya, kita akan gandeng Cita Tenun Indonesia,” ungkap Indira Yusuf di DP Hall, Jalan Amirullah.

Di kesempatan ini, para perajin dibagikan sertifikat sebagai bukti bahwa telah menempuh Pembinaan Perajin Home Industry Kelurahan (Pelatihan Tenun Lontara) di Hotel Ramedo, 13-19 Maret lalu.

Mereka juga menyerahkan beberapa hasil tenun karyanya secara simbolik kepada Indira Yusuf Ismail. Kain tenun bermotifkan aksara lontara tersebut, menurut Indira memberikan ciri khas Makassar. Sembari berharap untuk memasarkannya ke tingkat nasional bahkan internasional. Dengan demikian, mampu meningkatkan pendapatan masyarakat.

“Kami akan kembangkan tenun khas Makassar menjadi way of life bagi masyarakat. Kain tenun ini akan kami ¬†tampilkan di display pameran F8 nanti. Akan kita pasarkan ¬†produk tenun lokal khas Makassar menuju pasar nasional, kalau bisa internasional,” kata Istri Wali Kota Makassar, Danny Pomanto ini.

Dia berpesan kepada para perajin agar tidak berhenti setelah pembinaan ini. Melainkan terus berproses dan kalau perlu mengkader atau melatih orang-orang sekitarnya.

Indira menambahkan bahwa Dekranasda semakin semangat tuk mengembangkan kerajinan yang lain setelah eceng gondok dan tenun. Selanjutnya kerajinan perak dan kulit yang akan menyusul.

Source http://news.rakyatku.com http://news.rakyatku.com/read/44776/2017/04/08/indira-hasil-tenun-pengrajin-binaan-dinas-perdagangan-memuaskan
Comments
Loading...