Kerajinan Tenun Majalaya Di Bandung

0 540

Kerajinan Tenun Majalaya Di Bandung

Derasnya keran impor tekstil dari luar negeri semakin menyudutkan pengrajin tenun. Khususnya, pengrajin tenun Majalaya. Saat ini, tidak sedikit pengrajin tenun yang terpuruk. Mulai padamnya usaha-usaha tenun ikat, menginspirasi komunitas Jejaring Pecinta Tenun Nusantara (JANTERA) untuk mengembalikan kejayaan tenun Majalaya.

Bekerjasama dengan Bank BNI Cabang Majalaya, mereka menggelar kegiatan Pelatihan Peningkatan Kualitas Teknis dan Visual Kain Tenun ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin). Di Kantor Sub Unit Pengembangan Industri Pertekstilan (UPT) Majalaya, Jl. Raya Majalaya – Rancaekek KM 3 Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung.

Komarudin Kudiya mengatakan, melalui kegiatan tersebut pihaknya bertekad membangkitkan kembali tenun ikat Majalaya ke masa jayanya. Sebelumnya, Komar yang juga penggiat batik telah sukses mengembangkan batik khususnya di Jawa Barat.

Komarudin menyebutkan, kuota peserta sangat terbatas hanya 25 orang saja. Namun di luar perkiraan, jumlah pengrajin yang hadir melampaui jumlah kuota.

Hal ini dinilainya menunjukkan antusiasme pengrajin tenun untuk bangkit sangat tinggi. Berdasarkan hal inilah Bank BNI akan berpartisipasi dalam mendukung tenun dengan rencana pembangunan Kampung Tenun Majalaya.

Source http://www.pikiran-rakyat.com http://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/2017/09/28/kejayaan-tenun-majalaya-akan-kembali-dibangkitkan-410438
Comments
Loading...