Kerajinan Tenun Sarangan Di Bojonegoro

0 233

Kerajinan Tenun Sarangan Di Bojonegoro

Ada berbagai macam jenis sarung, salah satunya adalah tenun. Di Desa Sarangan, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro, terdapat home industri kreatif yang memproduksi kain tenuh untuk bahan baku sarung.

Bahkan, tidak tanggung-tanggu, bahan sarung hasil kerajinan tangan warga Sarangan dipesan hingga Kabupaten Gresik. Belum lama membuka usaha, dengan dua karyawan warga sekitar, industri itu sudah bisa mencukupi pesanan. Pembuat sarung tenun, Umi Faizah, mengatakan, jika pembuatan sarung yang mengunakan alat tradisional ini membutuhkan waktu sekitar 1 minggu untuk bahan sarung berukuran 4 meter.

“Dalam proses pembuatan bahan untuk sarung tenun ini, dibutuhkan keseimbangan, konsentrasi, keuletan, kesabaran, dan kreatifitas,” kata ibu dua putra tersebut.

Ia cukup bersyukur karena usahanya mulai berjalan baik. Ditanya mengenai harga tenun untuk bahan sarung itu, menurutnya cukup variatif. “Kalau pabrik-pabrik kecil biasanya harganya minim, di bawah Rp50.000,” tambah Solikah, pemilik rumah pembuat sarung tenun di Desa Sarangan.

Diterangkan, selama ini pihaknya melepas ke pasaran untuk harga sarung tenun antara Rp17.000/potong, sampai yang mahal Rp500.000 per sarung. “Biasanya tinggal melihat tingkat kesulitan dari pembuatan sarung tenun tersebut,” sambungnya.

Source http://blokbojonegoro.com http://blokbojonegoro.com/v2/berita/ekonomi-migas/28199-sarung-tenun-sarangan-dipesan-sampai-gresik.html
Comments
Loading...