Kerajinan Tenun Sarung Goyor Di Kalijambe

0 282

Kerajinan Tenun Sarung Goyor Di Kalijambe

Suara gemeretak alat tenun bukan mesin atau ATBM sahut menyahut dari sebuah ruang rumah Ny Kardi, warga Wonosari, Sambirembe, Kalijambe, Sragen. 8 perempuan serius mengoperasikan alat yang tersusun dari batang-batangan kayu. Sebagian diantara mereka adalah perempuan lanjut usia.

Tak ada suara tawa atau canda siang itu. Maklum, juragan sarung goyor dari kota Solo segera mengambil hasil tenunan mereka. Salah satu warga lansia yang sibuk menenun sarung adalah Ityatmi. Sarung hasil tenunan diambil oleh juragan asal Solo, sepekan sekali. Setidaknya 5 sarung goyor berhasil diserahkan para penenun di rumah nyonya Kardi pada juragan tersebut.

Ityatmi mengaku sudah 45 tahun bekerja sebagai penenun sarung goyor. Dibandingkan dulu, industri sarung goyor sambirembe mengalami perkembangan signifikan. Ityatmi menjelaskan kelebihan sarung goyor yakni nyaman dipakai dalam berbagai suasana. Industri rumahan sarung goyor belakangan ini mengalami perkembangan pesat. Baik dari jumlah penenun, pesebaran konsumen, hingga harga tenunan.

Source http://rakyatjelataindonesiarajin.blogspot.com http://rakyatjelataindonesiarajin.blogspot.com/2018/08/ityatmi-telah-45-tahun-bekerja-sebagai.html
Comments
Loading...