Kerajinan Tenun Sutra Di Pare Pare

0 321

Kerajinan Tenun Sutra Di Pare Pare

Pemilik Fine Art Limaran Batik Tenun Sutera Indonesia Insana Ilham Habibie menyatakan, siap menjadikan Kota Parepare sebagai pusat tenun sutera khas Sulawesi Selatan.

“Dalam waktu yang tidak terlalu lama Kota Parepare segera menjadi salah satu pusat pengembangan tenun sutera di Indonesia,” kata Insana Ilham di sela-sela mengahadiri talk show “Peduli Batik” di Parepare, Sulsel,

Ia mengatakan, letak dan posisi Kota Parepare sangat potensial dikembangkan sebagai pintu gerbang kebudayaan tenun sutera Sulsel.

Menurut dia, beberapa penghasil kain sutera dan kokon, bahan utama pembuatan benang sutera seperti Enrekang dan Kabupaten Soppeng, karena berdekatan dengan Kota Parepare.

Berkaitan dengan hal tersebut, dia berharap agar daerah ini akan lahir museum yang banyak memiliki koleksi karya menarik standar internasional dengan kain tenun sutera sebagai ikon utama di dalamnya.

Apalagi disadari bahwa hambatan utama yang dihadapi dalam pengembangan tenun sutera Sulsel, lanjut dia, karena minimnya produk yang diikutikan dalam pamaran-pameran berskala nasional dan internasional.

Selain itu, masih minimnya dukungan regulasi dan edukasi kepada masyarakat untuk mencintai dan menggunakan tenun sutera hasil produksi daerah sendiri.

Ke depan, diharapkan Pemprov Sulsel mendorong penggunaan tenun sutera Sulsel secara masal di masyarakat, termasuk mewajibkan karyawan perkantoran menggunakan batik pada Kamis atau Jumat.

Kehadiran Insana di Parepare atas undangan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Parepare Hj Erna R Taufan. Sementara itu, Erna Taufan menjelaskan, salah satu program Dekraasda Kota Parepare adalah mendorong pemerintah melestarikan dan mengembangkan warisan budaya Sulsel.

Source https://makassar.antaranews.com https://makassar.antaranews.com/berita/58361/parepare-siap-jadi-pusat-pengembangan-tenun-sutera
Comments
Loading...