Kerajinan Tenunan Khas Sumbar Di Tanah Datar

0 271

Kerajinan Tenunan Khas Sumbar Di Tanah Datar 

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mendorong Pemerintah Sumatera Barat (Sumbar) mengembangkan industri kecil dan menengah yang menghasilkan produk khas daerah seperti tenun.
Ia menjelaskan, industri besar di Sumbar hanya yang berbasis kepada sumber daya alam seperti kelapa sawit dan semen. Namun di sisi lain juga banyak masyarakat yang memiliki usaha kecil menengah, sehingga pusat-pusat usaha tersebut harus dikembangkan oleh pemerintah provinsi. Menurutnya, potensi pengembangan tenun cukup besar dilihat dari permintaan dari pasar luar daerah maupun luar negeri yang masih tidak terpenuhi.
Ia menyampaikan, pada kunjungan kerja ke Sumbar ini pihaknya juga memberikan bantuan berupa mesin dan peralatan tenun untuk sentra industri kecil dan menengah tenun di Lintau Buo Kabupaten tanah datar.
“Gedung tersebut berada s yang juga dilengkapi sebanyak 15 alat tenun bukan mesin dan sudah dimanfaatkan sejak diresmikan pada Februari 2017,” kata, Yuswir Arifin, Salah satu perajin.
Selain itu, lanjutnya, sebagai bagian dari upaya melestarikan kerajinan lokal tersebut pihaknya juga telah mematenkan sebanyak 30 motif yang digali berdasarkan kearifan lokal masyarakat daerah itu, bekerja sama dengan unsur akademisi dari Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang, Sumbar.
Source https://sumbar.antaranews.com https://sumbar.antaranews.com/berita/211096/menperin-dorong-sumbar-kembangkan-tenunan-khas.html
Comments
Loading...