Kerajinan Tepak Melayu Dari Limbah Kerang Di Medan

0 135

Kerajinan Tepak Melayu Dari Limbah Kerang Di Medan

Limbah kulit kerang di tangan ahlinya, tentu menjadi produk yang sangat menarik. Seperti halnya terdapat di stand Kantor Lingkungan Hidup Kota Tanjungbalai yang mengikuti pameran dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup yang diselenggarakan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Sumatera utara di Hotel Madani.

Di stand tersebut, aneka kerajinan tangan dari kulit kerang dan siput dipajang dan sungguh menarik perhatian. Tepak sirih dibaluri warna emas, tempat kue lebaran, replika gedung SMA Tanjungbalai, pot bunga dan lainnya.

“Kerajinan tangan dari limbah kulit kerang ini hasil karya para siswa SMA I Tanjungbalai maupun masyarakat binaan yang dipimpin Ketua Tim Penggerak PKK Tanjungbalai Dra Hj Armaini Jannah yang juga isteri Walikota Tanjungbalai,” jelas Kasi Pengendalian LH Tanjungbalai Nurhasnah saat ditemui di lokasi. Dikatakannya, di Tanjungbalai yang merupakan daerah laut memiliki banyak limbah, terutama berbagai jenis limbah kulit kerang maupun siput. Lalu muncullah ide dari Ketua Tim Penggerak PKK Tanjungbalai untuk memanfaatkan limbah laut itu menjadi produk yang berguna dan bernilai ekonomi bagi masyarakat.

Kini, kerajinan tangan tersebut telah memberi manfaat besar kepada masyarakat, karena di samping dapat membuka peluang kerja bagi para ibu rumahtangga, hasil kerajianan itu dapat membantu ekonomi masyarakat perajin.

“Kerajinan tangan itu sudah banyak dibeli oleh masyarakat, bahkan warga negara tetangga Malaysia juga tertarik dan banyak yang membelinya katanya mengakhiri.

Source http://harian.analisadaily.com http://harian.analisadaily.com/kota/news/tepak-melayu-dari-limbah-kulit-kerang/75139/2014/10/23
Comments
Loading...