Kerajinan Terompet Di Lampung

0 284

Kerajinan Terompet Di Lampung

Kesadaran akan penggunaan kertas dalam kehidupan sehari-hari menjadi kendala tersendiri bagi pengrajin terompet. Lantaran stok bahan dasar pembuatan terompet berbahan dasar kertas makin menipis. Hal ini pun diakui oleh pemilik Istana Terompen Himawan, yang mana tahun 2017 ini pembuatan terompet terkendala bahan dasar kertas. Untuk itu ia harus memutar otak agar produksinya terus berjalan.

“Ya memang sekarang ini kendalanya kertas, sebab sekarang memang sudah jarang orang menggunakan kertas, apalagi memang trompet ini dari kertas bekas,” sebutnya saat di workshopnya yang terletak di Sri Kresna Kampung Sawah Brebes, Lampung.

Masih kata Himawan, solusinya adalah berinovasi, dengan sebagian terompet beralih ke plastik dan juga spon bahan dasar sandal.

“Jadi untuk mengatasi kelangkaan kertas dengan beralih ke bahan bekas yang berdasar plastik, seperti spon tipis sisa-sisa dari pembuatan sandal dan juga dari plastik ronsen yang belum terpakai,” katanya.

Inovasi, lanjut Himawan, yang membuat usahanya terus bertahan. Bahkan setiap tahun ia harus membuat model terbaru untuk tetap eksis dipasarnya.

“Kalau model wajib dibuat setiap tahun, seperti saat ini membuat model naga bulu dan capung, ini sangat laris dipasaran,” tegasnya. Himawan menuturkan terompet naga bulu ini bentuknya seperti boneka yang bisa dimainkan oleh anak-anak.

“Ini model si naga kemarin produksi 2000, sekarang sudah habis tinggal satu ini, laris sekali dan ini mau kita produksi,” imbuhnya. Himawan mengaku pembuatan terompet naga bulu ini, dari hasil sisa bulu-bulu potongan sofa dan juga kain perca. “Ya dimanfaatin semua, saat ini terompet sudah nembus 200 ribu pcs, nantinya bisa nambah pesanan, tergantung kebutuhan, makin mendekati tahun baru makin banyak,” tutupnya.

Source http://lampung.tribunnews.com http://lampung.tribunnews.com/2017/12/10/kreatif-himawan-ciptakan-terompet-naga-bulu-dan-capung-dari-bahan-tak-terpakai-ini
Comments
Loading...