Kerajinan Terompet Di Mariso

0 228

Kerajinan Terompet Di Mariso

Terompet identik dengan momentum perayaan pergantian tahun. Terompet dianggap bisa mermaikan suasana tahun baru dengan ciri yang khas. Akan tetapi, beberapa tahun ini peminat dari terompet tradisional justru kian menipis. Hal ini disebabkan kehadirannya terompet pabrikan yang saat ini sudah menjamur dimana-mana.

Demikian yang dirasakan oleh Arianto salah satu pengrajin terompet yang sudah puluhan tahun di Jl Cendrawasih 5, Kelurahan Lette, Kecamatan Mariso, Makassar.

Menurutnya, penjualan terompet tahun ini berkurang dibanding tahun sebelumnya. Pasalnya, peminat begitupun pengrajinnya mulai menghilang satu persatu

“Tahun sebelumnya ramai peminat, sedangkan sekarang mulai sepi. Sementara, pengrajinnya mulai berkurang. Sudah bisa dihitung jari,” terang Arianto

Arianto memiliki pelanggan di kawasan perhotelan di kota Makassar ini, menuturkan menurunnya hasil dagangannya lantaran faktor kondisi cuaca, munculnya terompet pabrikan. “Selain peminat, cuaca hujan terus turun jadi tidak berani ambil resiko,” kata Arianto.

Penjualan terompet ini, merupakan usaha musiman yang sudah dilakoni selama kurang lebih dari 20 tahun. Arianto mengrajin terompet berkat pengrajin asal Jawa yang telah mengajarinya.

“Sudah 20 tahunan saya bergelut sebagai pengrajin terompet. Keterampilan ini, diperoleh dari pengrajin asal Jawa. Alhamdulillah, sudah bisa dipraktekkan sampai saat ini,” ungkapnya.

Kualitas hasil keterampilannya, membuat hasil dagangannya bisa bertahan hingga saat ini. Arianto mengaku terompet yang dibuatnya memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan yang lainnya. “Awalnya juga banyak komen karena bahan dan warna kurang bagus, tapi setelah diperbaiki alhamdulillah bagus,” tambahnya.

Omzet yang diperolehnya, kata dia tak seberapa. Pasalnya, perterompet dihargai kisaran Rp10.000. Sedangkan, topi sebesar Rp8.000. Selama sehari, sekali mengrajin bisa menghasilkan 300 buah terompet. “Rerata itu orang yang pesan. Seperti, hotel-hotel. Selain itu, tergantung pembeli lagi,” imbuhnya.

Source http://www.inikata.com http://www.inikata.com/pembeli-kian-menyusut-perlahan-pengrajin-terompet-mulai-sirna/
Comments
Loading...