Kerajinan Terompet Di Palembang

0 262

Kerajinan Terompet Di Palembang

Malam pergantian tahun selalu identik dengan meniup terompet. Kondisi ini menjadi peluang bagi pengrajin terompet di Palembang untuk meraup rezeki. Salah satunya Icuk Sugianto, sudah sekira 6.000 pesanan telah siap dilepas di Palembang dan Kabupaten lain di Sumatera Selatan. Berbagai motif pun disajikan mulai dari naga, hingga tokoh kartun anak-anak. Belasan tahun Icuk Sugianto sekeluarga menggantungkan hidup sebagai pengrajin terompet di kediamannya di jalan Radial, Bukit Kecil, Palembang. Usaha ini menjadi penopang hidup keluarga disamping pekerjaan Icuk sebagai buruh serabutan.

Dengan menggunakan kalender usang yang didapat dari percetakan. Icuk Sugianto mengerjakan ribuan terompet sejak Februari lalu. Keterampilan membuat terompet tersebut didapat Icuk secara autodidak dan selalu mencoba bentuk baru di setiap tahunnya. Inovasi dan kreativitas tersebut membuatnya mampu bertahan dari persaingan dengan pengrajin terompet lainnya di Palembang. Bahkan pesanannya selalu bertambah setiap tahunnya. Selain memiliki kualitas yang bersaing, Icuk juga menawarkan harga terjangkau mulai Rp15.000 hingga Rp85.000 per terompet, dan mendapatkan omzet mencapai Rp15 juta.

“Saya sudah 14 tahun membuat terompet, tahun ini saya buat sebanyak enam ribuan terompet. Motif ada perbedaan ada piston sama kipas angin. Terompet dijual di Palembang, Sekayu sama Banyuasin,” ujar Icuk.

Source https://economy.okezone.com https://economy.okezone.com/read/2016/12/29/320/1578850/inspirasi-bisnis-momentum-tahun-baru-pengrajin-terompet-raih-omzet-rp15-juta
Comments
Loading...