Kerajinan Tifa Alat Musik Dari Papua

0 174

Kerajinan Tifa Alat Musik Dari Papua

Tifa merupakan satu dari sekian banyak alat musik khas Papua. Tifa biasanya digunakan saat acara penyambutan. Bahan dan cara membuatnya juga berbeda-beda sesuai daerah masing-masing di Papua.

Kepala Bidang Industri Kecil Menengah (IKM) Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Jayapura, Alfrida Pasolang mengatakan, saat ini pengrajin Tifa sangat jarang ditemui.

“Kami sudah buat pelatihan membuat tifa. Yang kami dampingi ada 25 orang dari 14 kampung di Kota Jayapura ini,” ujar Alfrida di Kantor Wali Kota Jayapura, Kota Jayapura, Papua.

Sambil menunjukan hasil kerajinan Tifa di atas meja seperti tampak pada gambar, Alfrida mengungkapkan atas hasil pengrajin alat musik yang dipukul itu merupakan binaan Disperindagkop Kota Jayapura. “Motifnya beda-beda sesuai dengan ciri khas daerah pembuatnya. Tidak lama membuatnya hanya finishing sehingga tampak cantik. Bahan Tifa kebanyakan dari kayu Merbau yang paling tahan lama,” ujarnya.

Seorang pengrajin Tifa asal Kampung Nafri, Abraham Mebry mengatakan, tertarik membuat Tifa karena hobi, mempertahankan budaya, dan yang terpenting menambah perekonomian keluarganya.

“Dari kecil saya sudah diajar membuat Tifa. Harganya bisa mencapai ratusan ribu, tergantung kerumitan motif, bahan dan lama membuatnya. Saya harap pemerintah bisa membantu memasarkan agar Tifa semakin dikenal masyarakat umum,” kata Abraham.

Source https://kabarpapua.co https://kabarpapua.co/kini-susah-cari-pembuat-tifa-alat-musik-papua/
Comments
Loading...