Kerajinan Tikar Pandan Di Gianyar

0 522

Kerajinan Tikar Pandan Di Gianyar

Bagi orang Bali tikar merupakan salah satu alat yang diperlukan hampir disetiap kegiatan sehari-hari umumnya sebagai alas dalam melakukan berbagai aktivitas. Sebelum bermunculannya berbagai jenis tikar sintetis dengan bahan dasar plastik, busa dll, warga selalu menggunakan tikar tradisional yang terbuat dari anyaman daun pandan atau daun lontar. Sekarang pun sesungguhnya tikar pandan masih digunakan meskipun jumlahnya sudah mulai berkurang.

Banjar Banda, sebuah kampung kecil di kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Bali dulunya merupakan salah satu sentra pengrajin tikar pandan Bali. Kegiatan ini dilakukan secara turun temurun oleh ibu-ibu sambil mengisi waktu luang dimana para suami pada umumnya bekerja sebagai petani atau pedagang. Agak disayangkan memang, saat ini tidak banyak yang masih menekuni seni kerajinan anyam ini.

Ibu Wayan Resin, salah seorang pengrajin yang kami jumpai mengatakan, “Sebenarnya banyak sekali pesanan yang datang dari pelanggan kami, namun bahan mentah sekarang agak susah. Kami sampai membeli atau mengontrak pohon pandan di lading orang untuk mendapatkan materi. Disatu sisi, kerja sambilan membuat jejaitan (bahan upacara) bisa menghasilakn uang lebih cepat dengan bahan yang lebih gampang dicari, menyebabkan kegiatan mengayam tikar sering kami nomor duakan.

Source Kerajinan Tikar Pandan Di Gianyar Kerajinan Tikar Pandan Di Gianyar
Comments
Loading...