Kerajinan Tikar Pandan Di Pangandaran

0 266

Kerajinan Tikar Pandan

Salah satu potensi yang ada di Pantai Pangandaran, yaitu bahan baku kerajinan tikar pandan. Ada beberapa masyarakat salah satu nya adalah Ujang yang terbilang kreatif dengan melihat begitu besarnya potensi Sumber Daya Alam yang terdapat di pesisir Pantai Kabupaten Pangandaran ini.

Bahan baku tersebut kemudian diolah secara tradisional oleh pengrajin, mulai dari proses membuang duri-duri yang ada di daun pandan, memotongnya menjadi kecil, mengeringkannya, dan memberikan pewarna pada daun kering tersebut dan mengeringkannya kembali di tempat yang teduh agar warnanya tidak luntur. Setelah itu proses penganyaman tikar pun dilakukan. Tikar yang dibuat terdiri dari dua lapis. Lapisan atas tikar berwarna-warni dengan corak yang menarik. Sedangkan lapisan bawah tikar berwarna putih gading dengan corak sederhana bergaris merah. Kedua lapisan tersebut nantinya akan digabungkan menjadi sebuah tikar yang nyaman dan cantik.

Harapan besarnya dikemudian hari nanti di wilayah pangandaran terdapat banyak pengrajin – pengrajin yang mengolah daun pandan menjadi berbagai jenis atau bentuk kerajinan khas pantai Pangandaran untuk souvenir bagi para Wisatawan Domestik maupun mancanegara.

Source Kerajinan Tikar Pandan Di Pangandaran Kerajinan Tikar Pandan Di Pangandaran
Comments
Loading...