Kerajinan Topi Daun Lontar Di Gianyar

0 645

Kerajinan Topi Daun Lontar Di Gianyar

Selain memiliki tari kecak, Bona adalah juga menjadi sentral dari kerajinan daun lontar yang terkenal. Daun tersebut bisa dibentuk untuk Kerajinan Topi oleh perajin di Desa Bona, Blahbatuh, Gianyar. Bentuk bentuk yang diinginkan customer bermacam macam dan bisa mengorder sesuai keinginan. Kerajinan ini sudah dimulai dari tahun 50an dan menjadi sumber mata pencaharian warganya. Para perajin terpusat diberbagai pelosok desa dan pengepulnya membuka toko dipinggir jalan utama desa. Salah satu toko keyang ada disana bernama Lontar bali dan menjual berbagai pilihan dari wedding gift sampai kerajinan alat bersembahyang yang awet seperti besek dan berbagai pilihan tas. Harga harga yang sangat terjangkau membuat para pemilik toko di Denpasar ataupun Kuta mencari barang dagangan di desa ini.

Barang kerajinan Topi dari lontar, harganya bisa mencapai 250 ribuan ke atas. Aapabila ingin membeli dalam jumlah besar, kita bisa mendapatkannya dengan harga yang lebih murah. Ada minimal orderan motif. Jadi, kita bisa memesan  motif dan warna sesuai selera.

Seperti di bidang kerajinan lontar, Pengerajin Topi Lontar Anta kusuma yang diprakarsai oleh Bapak Gusti Raka adalah salah satu dari dua yang ada dan sudah berpengalaman membuat Topi ini. Sekedar pengetahuan saja, harga yang ditawarkan pada saat PKB lebih mahal dari harga yang biasa ditawarkan apabila kita mampir langsung ke desa Bona.

Source Kerajinan Topi Daun Lontar Di Gianyar Desa Desa Kerajinan di Bali
Comments
Loading...