Kerajinan Topi Di Purwakarta

0 134

Kerajinan Topi Di Purwakarta

Kabupaten Purwakarta memiliki sejumlah sentra industri mikro dan kecil yang menjadi mata pencaharian warganya. Salah satunya di Desa Cijunti, Kecamatan Campaka. Di sini, ada sekitar 20 perajin topi yang menerima pesanan dari instansi swasta, pemerintah maupun dari partai politik dan juga topi sekolah.

Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, tidak hanya tenar akan sate maranggi yang menjadi kuliner khas wilayah tersebut. Banyak di antara penduduknya juga berprofesi sebagai perajin industri kecil. Salah satunya di Desa Cijunti, Kecamatan Campaka, salah satu sentra pembuatan topi di Purwakarta.

Topi yang dibuat umumnya pesanan dari lembaga pemerintahan, partai politik atau industri yang bisa disesuaikan tulisan serta logonya. Bahkan ada pula yang diekspor ke luar negeri.

Ada sekitar 20 perajin topi di tempat ini. Sebagian besar dari mereka perajin rumahan yang memanfaatkan halaman belakang rumah mereka untuk memproduksi topi.

Letak sentra ini strategis karena berada di pinggir jalan raya. tampak beberapa pegawai tengah mengerjakan topi pesanan.

Untuk berkunjung ke lokasi ini bisa menggunakan motor atau mobil. Dari daerah Sadang sekitar 20 menit perjalanan ditempuh menggunakan mobil. Di antara rumah para perajin, terdapat koperasi yang mewadahi industri ini untuk membantu dalam hal pemasaran.

Agus Susanto, salah seorang perajin topi di sentra ini bercerita, awal mula terbentuk sentra ini karena ada salah seorang perajin topi dari Bandung yang menetap di sentra ini dan mengajarkan pada penduduk. Kemudian dari situlah, beberapa penduduk mengikuti jejaknya untuk usaha topi. “Dari tiga orang perajin bertambah terus hingga 20 perajin lebih sampai sekarang,” ujarnya.

Agus telah menjadi perajin sejak tahun 2010. Topi yang diproduksi Agus untuk kalangan karyawan pabrik dan industri. Korporasi dan instansi yang yang pernah memesan pada Agus, di antaranya dari Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, Polri, partai politik, dan sekolah SMP dan SMA. Harga jual topi berkisar Rp 7.000 hingga Rp 20.000 per unit, tergantung dari  kerumitan logo dan tulisan yang dipesan.

Source https://peluangusaha.kontan.co.id https://peluangusaha.kontan.co.id/news/topi-purwakarta-tak-selalu-bundar-1
Comments
Loading...