Kerajinan Topi Joho Di Condongcatur

0 61

Kerajinan Topi Joho Di Condongcatur

Kampung Joho yang ada di Desa Condongcatur Sleman sejak lama kondang dengan produksi konveksi, terutama topi.

Di tengah modernisasi, para perajin mulai gencar memanfaatkan teknologi. Namun satu kendala yang masih menjadi momok, yakni regenerasi.

Ketua Sentra Konveksi Joho, Amar Abdullah Supriyanto mengatakan, awal mula perajin konveksi di dusun tersebut, dimulai pada sekitar tahun 197-0an. Saat itu pionernya adalah H.Mukhdir.

“Saat itu belum ada orang sini (lokal) yang menjadi pengusaha konveksi. Lalu datanglah Pak Haji Mukhdir beserta istrinya yang dari Banjar Patoma Jawa Barat, dan memulai usaha itu,” ujarnya.

Dari pasangan tersebut, mulailah usaha konveksi berkembang. Banyak orang dari Jawa Barat yang lantas menjadi pekerjanya. Selain itu banyak pula masyarakat sekitar yang menjadi pekerja. Adapun fokus usahanya adalah pembuatan topi.

“Banyak juga orang luar yang menjadi pekerja di sini lalu menikah dengan orang sekitar dan berusaha mandiri,” tambahnya.

Konveksi di Dusun Joho semakin berkembang. Hingga sekarang, tak hanya topi yang diproduksi namun juga merambah baju, sandal dan sebagainya. Pesanannya pun tidak terbatas pada pasaran lokal Yogyakarta, namun sampai luar Pulau Jawa.

Akan tetapi, muncul permasalahan, banyak generasi muda di dusun itu yang enggan bekerja di bidang konveksi. “Ya itu kenyataannya, banyak anak-anak dari pengusaha konveksi yang tak mau menjadi pengusaha konveksi. Mereka memilih untuk bekerja di luar kampung,” tuturnya.

Hal itu dipandangnya menjadi kendala tersendiri bagi perkembangan usaha konveksi di Joho. Bahkan menurut datanya, setidaknya ada tiga pengusaha yang kini tutup akibat tak ada penerus.

“Nah itulah yang menjadi kendala bagi kami. Dan itulah yang harus kami tanggulangi agar usaha ini tetap lestari, dan tidak dikuasai oleh orang-orang luar,” harapnya.

Source http://jogja.tribunnews.com http://jogja.tribunnews.com/2016/12/10/menengok-kampung-sentra-konveksi-topi-joho-di-condongcatur-sleman
Comments
Loading...