Kerajinan Toples Flanel Di Bojonegoro

0 191

Kerajinan Toples Flanel Di Bojonegoro

Di tangan Ahmad Sholeh, sebuah toples sederhana bisa menjadi lebih istimewa. Tambahan pernak-pernik menjadikan sebuah toples lebih cantik dan bernilai jual tinggi. Bahkan omzet penjualannya bisa mencapai jutaan rupiah.

Sholeh tinggal di Gang Sukaryo, Dusun Kedungkeris, Desa Ngujo, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur (Jatim). Awalnya, Sholeh hanya iseng menghias benda yang kerap digunakan sebagai wadah camilan atau makanan ringan itu. Sekadar mengisi waktu luang.

Dia menambah sejumlah aksesoris di bagian luar toples. Seperti menempelkan kain berwarna-warni disertai boneka kecil. Sehingga tampilan toples yang semula polos menjadi lebih menarik.

Tanpa disangka, toples karya Sholeh banyak yang meminatinya. Terbukti, banyak orang yang datang ke rumahnya untuk memesan toples hias tersebut. Para pelanggannya mulai dari tetangga sekitar, tetangga desa, kecamatan hingga wilayah kabupaten.

“Usaha ini saya rintis sejak tiga tahun lalu. Modal awalnya hanya Rp 100 ribu. Saya tidak menyangka. Dari iseng coba-coba, usaha ini masih berlangsung hingga sekarang,” kata Ahmad Sholeh.

Kini, kerajinan yang biasa disebut flanel toples karakter itu semakin banyak diminati. Pelanggan Sholeh tak lagi hanya tetangga sekitar atau masyarakat Bojonegoro. Melainkan sudah merambah pasar tingkat nasional.

Sholeh menuturkan, tahun ini penjualan toples hias sudah sampai luar Pulau Jawa. Di antaranya Sumatra, Kalimantan, Lampung, Aceh dan Sulawesi. Harga satu unit toples hias pun bervariasi. Mulai Rp 40 ribu, Rp 70 ribu, Rp 90 ribu hingga Rp 250 ribu per buah. “Harga variatif, tergantung modelnya,” terang Sholeh.

Sholeh terus mempromosikan hasil karyanya. Salah satunya melalui media sosial (medsos). Seperti facebook, instagram dan whatshap. Dari situlah, banyak konsumen yang menyukai dan memesan hasil olah tangannya tersebut. “Jelang hari raya seperti saat ini, pesanan mulai meningkat,” tutup Sholeh.

Source https://www.jawapos.com https://www.jawapos.com/jpg-today/15/05/2018/bermodal-rp-100-ribu-kini-pekerjakan-3-karyawan
Comments
Loading...