Kerajinan Toples Tembaga Di Bekasi

0 151

Kerajinan Toples Tembaga Di Bekasi

Zaman dulu toples tembaga selalu menghias rumah-rumah di Indonesia. Semakin majunya peradaban, toples jenis ini mulai ditinggalkan dan digantikan dengan toples-toples berdesain modern. Padahal, toples tembaga mengandung nilai seni yang lebih tinggi. Tak ayal harga satu toples kini mencapai Rp 150 ribu. Salah seorang yang hingga kini masih setia membuat toples tembaga ialah Nining H Utami, pemilik Ning’s Art Collection di Jl. Bima Citra Utama No.12, Lambangsari, Tambun Selatan, Bekasi, Jawa Barat

Sudah sejak 2000 perempuan asal Jakarta ini berkonsentrasi membuat toples dihiasi dengan tembaga yang ditempa (ditatah). Selain toples, ia juga membuat tempat buah dari tembaga, gelas dengan tempat tembaga yang dibuat dalam bentuk cetakan serta tempat lilin yang dihiasi tembaga dengan lapisan perak.

Ketertarikan Nining membuat usaha toples tembaga ini berdasarkan kecintaannya pada barang seni antik. ’’Zaman dulu ibu saya punya koleksi toples dan gelas tembaga. Sampai sekarang masih saya simpan rapi. Saya pun tertarik ingin mempelajari cara pembuatannya,’’ terangnya.

Tahun 2000 lalu Nining mendatangi perajin tembaga di Yogyakarta. Perempuan yang dulunya bekerja di sebuah bank ini kemudian membuat desain toples kaca dengan dibungkus ukiran tembaga. Bermodalkan Rp 1,5 juta desain Nining berhasil diwujudkan dalam toples tembaga nan cantik.

Tak disangka, toples tembaga buatan Nining cukup banyak diminati konsumen di pasar domestik seperti Jakarta dan pasar luar negeri mulai India, Malaysia, dan Timur Tengah. Mereka cukup berminat dengan toples tembaga karena selain hand made juga mengingatkan ke masa lalu.

Toples tembaga, tidak kalah dengan toples-toples yang ada di pasaran dengan hiasan yang modern. Toples etnik lebih terlihat artistik dan unik sebagai tempat kue kering. Dituntut pula kreativitas tinggi dan beragam panduan dari berbagai media untuk menciptakan produk yang inovatif.

Source http://bekerjamerdeka.blogspot.co.id http://bekerjamerdeka.blogspot.co.id/2009/09/perajin-toples-tembaga.html
Comments
Loading...