Kerajinan Tudung Saji Di Banyuwangi

0 177

Kerajinan Tudung Saji Di Banyuwangi

Banyuwangi mampu membuat wisatawan terkesan dan betah tinggal berlama-lama. Hal itu lantaran kecantikan alamnya memang menggoda. Apalagi kemudian disempurnakan dengan seni budayanya. Tak pelak, Bumi Blambangan ini banyak melahirkan biritang. Sebut saja, antara lain, Emilia Contessa dan Nini Karlina.

Buah tangan dari daerah di ujung timur Jawa Timur ini juga cukup menarik. “Oleh-oleh khas dari daerah kami sangat beragam dan banyak pilihannya,” ujar Eka Mukararn, Kasubdin Pemasaran Dinas Pariwisata dan Seni Budaya Pemkab Banyuwangi. Berbagai handicraft (kerajinan tangan) dan makanan khas tersedia di outlet minimarket dan pasar-pasar tradisional.

Tudung saji khas Banyuwangi, salah satu hasil karya tangan-tangan terampil di kabupaten ini, memikat untuk di koleksi. Kerajinan anyaman bambu tersebut mempunyai motif tersendiri, ditambah percikan warna merah dan hijau, menampakkan ketinggian mutu budaya yang sudah mentradisi. Alat penutup makanan yang multifungsi tersebut lengkap dengan wadah-wadah penunjang berukuran lebih kecil.  Seperti tempat lauk-pauk, tempat nasi, tempat buah dan anting (sejenis tas) hias. Meja makan yang berasesoris satu set tudung saji, dijamin membangkitkan selera makan. Soal harga relatif terjangkau. Satu set tudung saji tak menghabiskan Rp 100 ribu. Akan lebih mahal jika membeli eceran.

Buah tangan yang paling kerap dicari wisatawan adalah jajanan khas. Bagiak, jajanan khas ini menjadi kue terpopuler khas Banyuwangi. Bentuknya sederhana, bulat-renyah seperti roti mari. Berbahan tepung lokal, tapi sangat enak. Hampir disemua toko menjual. Jadi, gampang diperoleh. Harganya pun relatif murah. Rp 2.500,00 per pak (bungkus) yang ukuran kecil. Krupuk cumi dan rengginang centul,melengkapi keinginan wisatawan membawa buah tangan. Paling penting, siapkan picis (bahasa Osing: uang) lebih, agar tak kecewa.

Source http://jawatimuran.net http://jawatimuran.net/2011/11/02/yang-khas-dari-banyuwangi-tudung-saji-dan-pisau-hias/
Comments
Loading...