Kerajinan Udeng Di Surabaya

0 368

Kerajinan Udeng Di Surabaya

Bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Pahlawan Ekonomi (PE) 2014 Surabaya, berbisnis tidak hanya melulu barang-barang ngetrendi pasaran. Mereka juga belajar berbisnis produk budaya khas Surabaya.

Sedikitnya, 88 ibu rumah tangga PE 2014 di Kecamatan Pabean Cantikan Surabaya menjajal merambah bisnis udeng khas Surabaya dari karton bekas. Ini dipilih mereka karena selain tidak butuh bahan baku yang mahal juga cara pengerjaannya pun mudah. Instruktur udeng Surabaya dari Pahlawan Ekonomi Jambangan, Wulan Setiasih, mengatakan bisnis creative industry (CI) terbilang menjanjikan. Ini karena pasar udeng terus saja ada permintaan baik dari komunitas budayawan hingga para rias pengantin.

“Saya geluti bisnis ini sejak 2012 lalu dan hasilnya cukup menjanjikan. Namun ramainya biasanya musiman saat ada pesta karnaval atau hari lainnya. Untuk itu saya juga jadi instruktur di sini,” ceritanya.

Kepada ibu rumah tangga, Wulan memberikan pelajaran singkat cara membuat udeng dengan mudah. Pertama siapkan bahan baku di antaranya kain batik, kain katun polos, kertas kain, matras tebal, kawat tali, lem kuning, lem putih, dan plastik tebal.

“Awalnya potong kain batik sesuai pola dan bentuk cetakan dengan lingkaran bola sesuai ukuran yang diinginkan. Lalu, kertas karton dibubuhi lem dan dikeringkan selama dua hari,” ujarnya.

Setelah itu tinggal merangkai di antaranya menyusun bahan sesuai dengan bentuk udeng yang diinginkan. Agar terlihat kokoh, dan kuat, udeng ditambah matras dan karton dilapisi karton polos.

Selain mengikuti pelatihan udeng Surabaya, sebagian ibu-ibu juga belajar membuat kue kering dan lumpia. Meski terlihat mudah namun banyak ibu-ibu yang ternyata baru saja belajar cara membuat kue kering dan lumpia. Tapi semangat untuk terus belajar tetap tinggi untuk menjadikan Pahlawan Ekonomi Surabaya laris manis.

Source ttps://www.enciety.co https://www.enciety.co/warga-pabean-cantikan-rambah-bisnis-udeng-khas-surabaya/
Comments
Loading...