Kerajinan “Ukir Bambu” Magelang

0 537

Kerajinan Ukir Bambu di Dusun Gedongan, Desa Wanurejo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, adalah sentra kerajinan dan galeri ukir bambu “Seribu Wulung” milik Pak Suradi dan Pak Mursidi. Usaha ini sudah mendapat perhatian dari pemerintah daerah pada tahun 2010 dan tahun berikutnya mulai dikembangkan secara luas. Kerajinan ukir bambu “Seribu Wulung” ini sudah pernah memecahkan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) untuk kategori miniatur Candi Borobudur terbesar yang terbuat dari bambu.

Kerajinan ukir bambu yang dihasilkan di sini sebagian besar merupakan hiasan dinding yang bertema wayang. Adapun jenis bambu yang digunakan adalah Bambu Wulung. Hasil produksinya biasanya dijual di sekitar Jawa Tengah dan Yogyakarta. Sentra kerajinan ukir bambu ini juga sering mendapat pesanan dari luar negeri, seperti Malaysia. Selain itu, bagi pengunjung yang menggemari kerajinan anyaman dari bambu, di sini juga tersedia.

Wisatawan yang berkunjung ke sentra kerajinan dan galeri ukir bambu “Seribu Wulung” tidak hanya wisatawan lokal saja, tetapi juga wisatawan asing, seperti dari Taiwan. Di sini, selain wisatawan dapat membeli hasil kerajinan ukir bambu, juga bisa berlatih membuat kerajinan ukir bambu.

Teknik Pembuatan Kerajinan Ukir Bambu

  1. Pilihlah bambu warna hitam namun sudah dikeringkan. Proses pengeringan bambu agar bisa diukir tergantung cahaya matahari. Biasanya memakan waktu paling lama sebulanan dan jangan mengeringkan selain dengan paparan sinar matahari.
  2.  Cetak gambar yang akan diukir dengan kertas dan buat hitam putih. Misalkan foto tokoh. Hal ini dimaksudkan agar dapat melihat guratan dari sisi wajah.
  3. Siapkan pensil dan cutter. Gambar dulu bambu dengan pensil sesuai contoh gambar. Lalu dilanjutkan dengan cutter untuk membuat ukiran pada bambu yang telah digambar menggunakan pensil.
  4. Biasakan terus dilatih agar menjadi lemes hasil ukirannya. Jika masih pertama hasil ukiran memang terlihat kasar.
  5. Lama ukiran biasanya sehari namun tergantung dari keuletan Anda dalam mengukirnya
Source Kerajinan Ukir Bambu Magelang KERAJINAN UKIR BAMBU
Comments
Loading...